Nasional

Seminar HIMPUNI Dihadiri oleh Tokoh Pemikiran Strategis

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 14/01/2019 21:50 WIB

Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) gelar seminar tentang kesiapan tenaga kerja yang dihadiri dan di isi oleh praktisi pemikiran nan strategis. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS, ID – Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) gelar seminar tentang kesiapan tenaga kerja yang dihadiri dan di isi oleh praktisi pemikiran nan strategis.

Dalam hal ini, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Akhmad Muqowam mengatakan, pihak HIMPUNI sangat apresiasi terhadap Kementerian Perindustrian yang sudah menyikapi dengan menyiapkan rencana kerja yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Kementerian PPN/Bappenas telah merancang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional [RPJMN] 2020–2024 dengan Visi Indonesia 2025, Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur.

Di dalam seminar HIMPUNI ini menghadirkan pemikiran-pemikiran strategis, pemikiran-pemikiran akademis, pemikiran-pemikiran dari para praktisi, yang antara lain akan bertindak sebagai narasumber adalah Wakil Presiden RI., Yth. Bapak DR (HC) H. Jusuf Kalla, Prof. DR. Bambang P.S. Brodjonegoro  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Menteri Tenaga Kerja RI., Bapak HM. Hanif Dhakiri, dan juga Hariyadi Sukamdani  Ketua Umum APINDO, Asosiasi Pengusaha Indonesia, dan Bapak Chairul Tanjung yang tidak lain adalah Pemilik CT Corp.

Tujuan HIMPUNI

Menurut Akhmad Muqowam tujuan dilaksanakannya seminar ini untuk menjawab Tantangan Tenaga Kerja Indonesia. Untuk memahami dan mensosialisasikan kondisi nyata terkini, kebijakan yang sedang dijalankan, dan visi masa depan terkait kesiapan dan penyiapan Sumberdaya Manusia Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Selain itu guna menyerap masukan dari pemangku kepentingan, dan memberikan masukan kepada pembuat kebijakan tentang program dan kegiatan penyiapan Sumberdaya Manusia Indonesia.

Tujuan lainnya adalah menghimpun komponen-komponen Bangsa Indonesia untuk bersinergi mempersiapkan Sumber Daya Manusia dan Tenaga Kerja Indonesia utamanya yang berkomitmen menjadikan Negara dan Bangsa Indonesia sebagai Bangsa Pemenang dalam persaingan global berbasis teknologi maju.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa HIMPUNI mendorong inovasi dan mengutamakan industrialisasi untuk menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa pemenang, bangsa yang siap bersaing dan memenangkan persaingan global yang semakin ketat.

Indonesia sedang memasuki perioda ‘Bonus Demografi’, dimana 70 persen penduduk Indonesia akan berada pada usia kerja yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2025–2030. (Abdi.K)

Artikel Terkait