Nasional

CVR Ditemukan, Pencarian Korban dan Puing Lion Air JT 610 Dihentikan

Oleh : hendro - Senin, 14/01/2019 23:31 WIB

Kepala pushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menyerahkan CVR kepada Kepala KNKT, Soerjanto Thanjono

Jakarta, Realitarakyat.com- Setelah berhasil ditemukan Cockpit Voice Recoder ( CVR) yang merekam percakapan di pesawat ditemukan Senin (14/1/2019) pagi, oleh tim selam dari Kopaska TNI Al, pencarian puing dan korban pesawat Lion Air JT 610 pesawat yang jatuh di perairan Tanjung Kerawanan  pada 29 Oktober 2018 lalu dihentikan.

"Dari hasil observasi sebenarnya sudah tidak ditemukan lagi, serpihan yang lain sudah tidak terlalu bermanfaat untuk penyidikan, jadi tidak akan diteruskan untuk pengambilan," kata Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro  di Terminal Internasional Container Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Harjo menjelaskan, setelah CVR ditemukan di dasar laut dengan kedalaman sekitar 30 meter, kemudian diserahkan kepada KNKT untuk diunduh datanya.

Sementara itu ditempat yang sama, kepala KNKT, Soerjanto Thanjono mengatakan, pihaknya memprediksi dalam pengunduhan itu, diprediksi paling cepat tiga hari.

"Selanjutnya CVR akan diproses di fasilitas black box KNKT melalui pengeringan dan pengunduhan data. Proses ini 3 sampai 5 hari bisa unduh data," kata Soerjanto Thanjono. (Hdr)

Artikel Terkait