Politik

Hari Ini Bawaslu Bahas Visi Misi Pidato Jokowi dan Prabowo

Oleh : luska - Rabu, 16/01/2019 07:01 WIB

Ilustrasi kantor Bawaslu (isiemewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pasca pidato penjelasan visi - misi dari kedua pasangan capres dan cawapres dalamm pilpres 2019 mendatang, hari ini Rabu (16/1/2019) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan membahas pidato visi-misi Jokowi dan Prabowo, bersama gugus tugas pemilu yang terdiri dari KPU, Bawaslu, Komisi Penyiaran Indonesia dan Dewan Pers.

“Kami akan bertemu gugus tugas pemilu Rabu besok, dan membahasnya, ” kata Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Dijelaskan Fritz, pihaknya selaku pengawas pemilu secara mandiri juga membuat kajian sendiri terhadap pidato yang dilakukan dua pasangan capres itu, apakah tidak melanggar, atau justru melanggar administrasi maupun pidana.

Pelanggaran admistrasi, lanjutnya, bisa terhadap si paslonnya, atau tim kampanye atau juga dugaan pelanggaran pidana si pemilik televisi.

Fritz mengatakan jika terdapat pelanggaran dalam pidato itu, maka sanksi yang diterapkan hanya merupakan sanksi teguran, dan tidak akan berdampak kepada pencalonan.

Sebelumnya pada Minggu (13/1/2019) Jokowi menyampaikan pidato bertajuk visi Presiden di sejumlah stasiun televisi swasta. Jokowi memaparkan visi misinya sebagai Presiden 5 tahun ke depan. Sejumlah program dijabarkan, salah satunya program rumah untuk milenial.

Jokowi mengatakan pemerintah akan menyediakan fasilitas uang muka dan fasilitas yang berbeda untuk perumahan. Fasilitas keuangan perumahan disebut Jokowi akan lebih memudahkan keluarga muda mendapatkan perumahan.

Juga tentang pentingnya infrastruktur bagi kehidupan masyarakat. Jokowi juga bakal memusatkan perkembangan perekonomian bukan hanya di kota besar, melainkan juga daerah-daerah.

Jokowi juga menyebut pemerintah akan melanjutkan pembangunan SDM pada 2019 untuk menjadi pondasi bagi Indonesia berkompetisi oleh bangsa lainnya di tingkat global.

Lalu pada Senin (14/1/2019) giliran calon presiden no urut 02, Prabowo Subianto menyampaikan pidato kebangsaan. Prabowo akan menyampaikan pidato berjudul ‘Indonesia Menang’.

Dalam visi dan misinya tersebut, Prabowo memfokuskan kesejahteraan rakyat dan akan mendongkrak swasembada pangan serta produksi dalam negeri.

Berikut lima fokus visi misi Prabowo – Sandiaga :

(1) ekonomi yang mengutamakan rakyat, adil, makmur, berkualitas, dan berwawasan lingkungan.
(2) peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial,
(3) keadilan di bidang hukum dan demokrasi berkualitas.
(4) menjadikan negara Indonesia rumah yang aman, nyaman, dan berdaulat bagi seluruh rakyat Indonesia.
(5) Penguatan karakter dan kepribadian bangsa yang luhur. (Lka)

Artikel Terkait