Politik

Jokowi - Ma`ruf Pilih Humanis Tangani terorisme

Oleh : luska - Jum'at, 18/01/2019 00:06 WIB

Pasangan capres dan cawapres no urut 01 saat debat capres pilpres 2019.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 lebih memilih melakukan secara humanis dalam menindak ataupun menangani terorisme.

Hal tersebut dijelaskan cawapres Ma`ruf Amin dalam debat perdana calon presiden dan wakil presiden di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019) malam.

Dikatakan Ma`rtuf amin, pihaknya mempunyai dua cara dalam menanggulangi terorisme, yaitu dengan pencegahan dan penindakan.

"Ke depan kami lebih utamakan pencegahan melalui kontra radikalisme untuk menghilangkan atau menekan paham-paham radikal dan intoleran dan melalui deradikalisasi untuk mengembalikan mereka yang sudah terpapar," kata Ma`ruf.

Untuk itu, lanjutnya,di dalam melakukan penindakan, juga akan melakukan pendekatan yang humanis dan manusiawi dengan tidak harus melanggar HAM.

"Untuk itu, dalam menanggulangi terorisme di masa yang akan datang, kami akan mengajak ormas-ormas khususnya organisasi keagaaman," ucap Ma`ruf.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis malam menggelar debat perdana debat calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam pemilihan umum 2019.

Debat perdana kali ini mengambil tema hukum, korupsi, hak asasi manusia dan terorisme.

Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB ini didukung oleh sejumlah panelis yang terdiri dari Guru Besar Hukum UI Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, Ahli Tata Negara Bivitri Susanti dan Ahli Tata Negara Margarito Kamis. (Lka)

Artikel Terkait