Daerah

Menhub Janjikan Dua Jalur Kereta Di Jawa Barat Akan Selesai Tahun Ini.

Oleh : Ronald T - Jum'at, 18/01/2019 21:45 WIB

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang menyebutkan dua proyek reaktivasi jalur kereta di Jawa Barat akan selesai tahun ini.

Garut, INDONEWS.ID - Sebagai upaya untuk menunjang transportasi masyarakat, keberadaan kereta Cibatu-Garut dan Cianjur-Bandung ditargetkan akan rampung pada tahun 2019.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang menyebutkan dua proyek reaktivasi di Jawa Barat tersebut akan selesai tahun ini.

"Cibatu-Garut (Jalur kereta) tahun ini selesai. Cianjur-Bandung juga tahun ini selesai," kata Budi kepada jurnalis di Alun-alun Cibatu saat mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Garut, Jumat (18/1/2019).

Dikatakan Budi, Jalur Cibatu-Garut nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata. Sedangkan Cianjur-Bandung akan mempermudah akses warga dari Bogor, Sukabumi, Cianjur jika ingin berpergian ke Yogyakarta.

"Ga usah muter lagi kalau ke Yogyakarta," katanya.

Sebagai informasi, anggaran perbaikan jalur Cianjur-Bandung menghabiskan dana Rp 200 miliar. Pihaknya pun menggandeng Pemda setempat untuk pembebasan lahan.

"Tak mungkin lakukan sendiri harus kerja sama dengan pemda. Nanti pemda yang lakukan," pungkasnya.

Mengenai adanya penolakan, PT KAI dan pemerintah sudah memberikan uang kerahiman.

"Sebenarnya harus jujur itu tanah negara. Ada semacam bukan ganti rugi, untuk mereka pindahkan rumahnya," tandas Budi. (ronald)




 

Artikel Terkait