Nasional

Temuan Fakta Baru, KPK Menduga Sejumlah Anggota DPRD Kab. Bekasi Plesiran Pakai Uang Meikarta

Oleh : Ronald - Sabtu, 19/01/2019 12:25 WIB

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah menduga dalam kegiatan `plesiran` itu, dana yang digunakan oleh DPRD Kab. Bekasi itu diduga kuat menggunakan aliran dana dari proyek Meikarta.

Jakarta, INDONEWS.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah mengungkapkan bahwa tim penyidik Antirusuah ini menemukan fakta baru terkait dengan adanya sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang berpegian ke Thailand.

Febri menduga dalam kegiatan 'plesiran' itu, dana yang digunakan diduga kuat menggunakan aliran dana dari proyek Meikarta.

"Kalau fakta baru tentu sudah kami temukan ya, sekaligus kami klarifikasi. Sebenarnya karena kami pegang sejumlah nama," kata Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Pria berkaca mata ini juga menyebutkan jika pihaknya saat ini telah mengantongi nama-nama anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan siapa saja selain mereka yang bepergian ke Thailand.

Tidak hanya itu, KPK juga sudah mengantongi sejumlah bukti kuat terkait plesiran itu. Namun, Febri mengungkapkan jika dirinya belum dapat merinci bukti apa saja yang ditemukan, karena masuk dalam materi penyidikan.

"Saya belum bisa sampaikan secara rinci (bukti-bukti apa saja). Tetapi, tentu saja paket jalan-jalan itu tidak hanya tiket dan tidak hanya untuk anggota DPRD-nya saja. Kalau bukti rincinya tidak bisa saya sebutkan, karena itu materi penyidikan. Tetapi yang pasti kami sudah pegang nama, waktu perjalanannya, dan siapa saja yang ikut selain anggota DPRD," ujar Febri.

KPK menduga ada sejumlah anggota keluarga dari anggota DPRD yang turut ikut plesiran ke Thailand. KPK juga mendalami apa saja kegiatan mereka di sana.

"Apa yang dilakukan di sana juga tentu pasti akan digali ya, karena itu terkait dengan konsekuensi item apa saja yang dibiayai di sini," tandasnya. (ronald)

 

Artikel Terkait