Nasional

Berhasil Diunduh, KNKT Mulai Mentranskip Blackbox dan CVR Lion Air JT 610

Oleh : hendro - Senin, 21/01/2019 20:31 WIB

CVR pesawat Lion Air JT 610

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh Data black box yang berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 dalam tempo 2,5 hari.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya telah melakukan pengambilan memori, pembersihan, pengeringan, penyimpanan di unit yang laik, hingga pengunduhan.

"Kita punya semua peralatannya. Kemarin saya bilang (pengunduhan) butuh waktu antara 3-5 hari, ternyata 2,5 hari udah bisa kebaca," ujar Soerjanto di Kantor Kemenko Maritim, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Soerjanto mengatakan, pihaknya juga tengah mentranskrip data CVR tersebut. CVR diketahui merekam data tentang percakapan awak pesawat dengan pusat kendali yang ada di darat.

Lebih lanjut Soerjanto mengatakan,  bahwa CVR tersebut berisi dua jam percakapan sebelum jatuhnya pesawat. "Sudah mulai ditranskrip," kata Soerjanto.

Data yang ada di dalam CVR akan menjadi tambahan dalam proses investigasi penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Seperti diketahui, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018. (Hdr)

Artikel Terkait