Bisnis

INKA Kirim Ratusan Gerbong Kereta Api ke Bangladesh, Jokowi: Pasar Kereta Api di Dunia Masih Luas

Oleh : Syailendra - Selasa, 22/01/2019 14:58 WIB

INKA ekspor 250 gerbong kereta api ke Bangladesh (Foto: Istimewa)

Indonews.id - Ratusan gerbong kereta api buatan Indonesia akan rutin melintasi rel-rel di negara Bangladesh. PT Industri Kereta Api (INKA) mulai mengirimkan 15 kereta penumpang dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke Bangladesh.

Ini merupakan ekspor tahap pertama dari total 250 gerbong kereta api senilai USD100,89 juta hasil dari tender pengadaan kereta penumpang untuk Bangladesh Railway yang dimenangi INKA pada tahun 2017. Demikian isi dari akun instagram @jokowi.

Masih dari akun Presiden, saat ini, di pabriknya di Jawa Timur sedang menyelesaikan pesanan dari dalam negeri, yakni 438 kereta LRT Jabodetabek pesanan PT. KAI, rangkaian kereta untuk Filipina serta menggarap potensi di Srilanka.

Menurutnya, pasar kereta api di dunia masih luas, dan teknologi maju di bidang ini sudah dikuasai. "Karena itulah pemerintah mendukung perluasan pabrik INKA di Banyuwangi, Jawa Timur dengan total nilai investasi sekitar Rp1,63 triliun," tulis Jokowi. Dengan perluasan pabrik itu, tenaga kerja lokal di INKA yang kini 3.000-an bisa ditingkatkan menjadi 8.000.

Sementara itu, Direktur Utama PT IKNA, Budi Noviantoro mengatakan, INKA merupakan pemenang tender dalam pengadaan kereta Banglades Railway pada tahun 2017 dengan total nilai kontrak mencapai 100,89 juta dolar AS. Dari 250 unit gerbong kereta Bangladesh Railway tersebut, masing-masing 50 gerbong tipe Broad Gauge (BG), dan 200 gerbong tipe Meter Gauge (MG).

Artikel Terkait