Daerah

Basarnas Makassar : Banjir Sudah Mulai Surut, Pencarian Korban Hilang Masih Terus Dilakukan

Oleh : Ronald - Kamis, 24/01/2019 12:25 WIB

Kepala Basarnas Makassar Mustari mengatakan kondisi banjir di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Barru Pangkep, Maros sudah mulai surut. Namun timnya juga masih terus melakukan penanganan longsor di kab. Gowa.

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Basarnas Makassar Mustari mengatakan kondisi banjir di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Barru Pangkep, Maros sudah mulai surut.

"Untuk sampai saat ini masih proses pendataan mungkin yang di ajukan Pemda setempat, khsusunya BPBD, kami dari Basarnas hanya fokus di proses evakuasi masyarakat sampai kemarin sore, tidak ada lagi warga yang di evakuasi," ujarnya melaporkan pada saah satu media elektronik di tanah air, Kamis (24/1/2019).

Sementara untuk korban yang terdampak dari banjir tersebut sudah dievakuasi di beberapa titik. Salah satunya  seperti di kabupaten Gowa yang ada 14 titik antara lain di mesjid, di terminal dan tempat-tempat yang memang memungkinkan.

Mustari juga menyampaikan, hingga sampai saat ini ketinggian air sudah mulai turun dan kemungkinan para warga ada sebagian yang kembali melihat kondisi rumahnya setelah terdampak banjir.

"Bupati menyampaikan kepada warga untuk tetap waspada dengan cuaca yang ekstrim di beberapa hari ini, khususnya mungkin sepanjang sungai jeneberang yang dilalui di bendungan Bilibili untuk tetap waspada selalu.

Mustari juga mengatakan untuk tim yang menangani proses evakuasi ada beberapa pasukan yang standby tetapi ada untuk satu tim lagi untuk penanganan longsor di kab. Gowa.

"Kondisi sekarang di kab. Gowa, longsor kecamatan Manuju, informasi yang kita dapat ada sekitar 22 orang yang tertimbun, para stakeholder yang terkait berhasil menemukan korban sebanyak 5 orang ditemukan meninggal dunia," tutur Mustari. (ronald)

Artikel Terkait