Daerah

Kembali Erupsi, Lava Gunung Api Siau Sebabkan Akses Jalan Antar Kampung Terputus

Oleh : Ronald T - Rabu, 06/02/2019 11:50 WIB

Akibat lelahan lava yang melewati Kali Malebuhe menyebabkan akses jalan dari Kampung (Desa) Kawahang menuju Kampung Batu Bulan, Sulawesi Utara terputus.

Sitaro, INDONEWS.ID - Gunung Karangetan, sejak Sabtu (2/2/2019) pekan lalu kembali erupsi. Gunung yang merupakan gunung api Siau adalah gunung berapi yang terletak di bagian utara Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Hingga Selasa, (5/2/2019) erupsi Gunung Karangetang yang masih terjadi, selain itu juga mengeluarkan lava dan disertai guguran batu pijar besar hingga kecil.

Akibat lelahan lava yang melewati Kali Malebuhe menyebabkan akses jalan dari Kampung (Desa) Kawahang menuju Kampung Batu Bulan terputus.

Adapun wilayah yang paling dekat dengan Gunung Karangetang adalah Kecamatan Siau Barat Utara yang didalamnya terdapat Kampung Nameng, Batu Bulan, Kawahang, Kiawang, Liung, Kinali dan Mimi.

Sementara itu, Danramil 02 Siau Kapten Infanteri Pitter Masinna menegaskan pihaknya telah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

TNI dan Polri serta Basarnas melakukan penjagaan agar tidak ada warga yang masuk ke daerah rawan.

"Warga dilarang untuk beraktivitas pada radius sekitar tiga kilometer, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan semisal awan panas," jelasnya.

Hal sama juga disampaikan Kadispenal Lantamal VIII Manado, Mayor laut Jusuf Ali lewat pesan di WA, kepada media.

"Basarnas dan TNI juga Polri terus melakukan pemantauan dan melaporkan perkembangan guguran lava tersebut," ungkapnya.

Diketahui Gunung Karangetang yang memiliki ketinggian 1.827 m / 5.994 kaki di Puncak Selatan dan 1.784 m / 5.853 kaki di puncak utara sangat aktif dan tercatat sejak tahun 1600-an telah terjadi 40 kali letusan. (ronald)


 

Artikel Terkait