Nasional

Mulai Besok Harga BBM Non Subsidi Turun

Oleh : Syailendra - Sabtu, 09/02/2019 21:45 WIB

Pertamian turunkan harga BBM non sib,sidi

Jakarta, Indonews.id - Mulai (10/2/2019) besok tepat di pukul 00.00, Pertamina akan menurunkan harga Bahan Bakar Non Subsidi di seluruh daerah di Indonesia. Penuruna harga dilakukan karena harga minyak mentah dunia yang turun. Selain itu, penguatan rupiah terhadap dollar Amerika menjadi faktor penyebab. Turunnya harga BBM ini cukup banyak, Rp800 per liter.

Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) Mas`ud Khamid menjelaskan sesuai ketentuan Pemerintah, sebagai badan usaha hilir Migas Pertamina tunduk pada mekanisme penentuan harga dengan mempertimbangkan dua faktor utama, yakni harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah. 

Lebih lanjut Mas’ud menjelaskan, penyesuaian harga bervariasi untuk produk-produk BBM yang dijual Pertamina. Bwerikut harga BBM non subsidi untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

 

Pertamina juga melakukan penyamaan harga Premium di luar wilayah Jawa, Madura, dan Bali menjadi Rp 6.450 per liter.
Sebagai informasi, harga BBM di beberapa wilayah berbeda karena adanya pemberlakuan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang berbeda untuk setiap wilayah. Untuk detail harga BBM dapat dilihat di www.pertamina.com. *

Semua harga BBM ini juga sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur harga BBM Jenis Bahan Bakar Minyak Umum sebesar minimal 5% dan maksimal 10% dari harga dasar.

 

 

 

Artikel Terkait