Nasional

Jelang Hari Kesiapsiagaan, BNPB Bakal Luncurkan Katalog Desa Rawan Bencana

Oleh : Ronald - Sabtu, 09/02/2019 23:31 WIB

Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Lilik Kurniawan mengungkapkan jika pihaknya tengah menyiapkan katalog berisi nama-nama desa di Indonesia yang rawan mengalami bencana alam.

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Lilik Kurniawan mengungkapkan jika pihaknya tengah menyiapkan katalog berisi nama-nama desa di Indonesia yang rawan mengalami bencana alam.

"Kami juga memetakan desa-desa mana yang rawan terkait dengan bencana alam. Dalam waktu dekat, BNPB akan mengeluarkan katalog desa-desa yang rawan terhadap bencana," ujarnya di acara diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertema ‘Potensi dan Mitigasi Kebencanaan’ di Gedung BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/2) kemarin.

Dikatakan Lilik, ada lebih dari 45 ribu desa di Tanah Air termasuk dalam daerah yang rawan mengalami bencana alam gempa bumi.

"Nanti list-nya kami akan keluarkan. Mungkin biar ada momennya (dirilis) 26 April, itu Hari Kesiapsiagaan," tandasnya.

Lilik juga menjelaskan bahwa di tahun 2019 ini pihaknya bersama Badan Geologi dan BMKG sudah memetakan daerah-daerah yang rawan bencana.

"Kita coba hitung berapa masyarakat desa yang tinggal di daerah rawan bencana itu," ujarnya.

Ia mencontohkan sekitar lebih dari 100 juta masyarakat tinggal di daerah banjir. Sementara itu, untuk warga masyarakat yang tinggal di wilayah rawan gempa malah lebih banyak lagi.

 "Kemudian di daerah yang (rawan) gempa bumi, ada lebih dari 86 juta masyarakat kita di sana," tandas Lilik. (ronald)

Artikel Terkait