Megawati Minta Perempuan Indonesia Jangan Hanya Menjadi Konco Wingking

Oleh : Syailendra - Minggu, 10/02/2019 20:03 WIB

Megawati Soekarnoputri bersama Puan Maharani Saat Jambore Kader Komunitas Juang DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di GOR Satria Purwokerto, Minggu (10/2).

Purwokerto, Indonews.id - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri mengurai pandangan politiknya tentang peran perempuan dalam kancah politik Indonesia terkini.  Pandangan Megawati sangat sesuai dengan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno dalam buku Sarinah yang memberikan dukungan perjuangan pergerakan perempuan Indonesia.

Saat Jambore Kader Komunitas Juang DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah di GOR Satria Purwokerto, Minggu (10/2),  Megawati  minta perempuanIndonesia  jangan jadi sekedar konco wingking, yang berarti perempuan bukan semata-mata teman di belakang laki-laki.

Mega menegaskan, peran perempuan dalam politik Indonesia, harus menjadi pendobrak sistem patriarki. Dia pun menegaskan, setiap kader PDI Perjuangan tidak boleh membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan. 

Megawati tak segan membagi pengalaman pribadinya di hadapan kader PDI Perjuangan dimana dia  berani bermimpi untuk berkiprah dalam politik, menjadi Ketua Partai dan menjadi Presiden Indonesia.  “Derajat laki-laki dan perempuan setara,” kata Megawati.

Di hadapan Kader Komunitas Juang PDI Perjuangan yang rata-rata masih berusia belia, Megawati sempat berseloroh para remaja perempuan harus meninggalkan pacar yang  yang masih memandang rendah perempuan. “Jangan takut bermimpi. Sejak kecil saya sudah membangun impian-impian, dulu saya pernah bermimpi ingin menjadi perawat,” ujar Megawati.

Artikel Terkait