Bisnis

Menteri Perindustrian Tegaskan Implementasi Industi 4.0 Tetap Pertahankan Teknologi Di Era Sebelumnya

Oleh : Ronald - Minggu, 10/02/2019 23:35 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa penerapan revolusi industri keempat tidak akan meninggalkan atau menggantikan sektor industri yang saat ini masih menggunakan teknologi di era industri generasi pertama hingga ketiga.

Jakarta, INDONEWS.ID - Terkait dengan kekhawatiran tergantikannya tenaga manusia dengan tenaga mesin, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa penerapan revolusi industri keempat tidak akan meninggalkan atau menggantikan sektor industri yang saat ini masih menggunakan teknologi di era industri generasi pertama hingga ketiga.

“Meski saat ini pemerintah mendorong revolusi industri keempat, tetapi saya tegaskan bahwa sektor yang masih di industri pertama juga masih berjalan, termasuk pula yang di generasi kedua dan ketiga. Semuanya saling melengkap,” kata Airlangga lewat keterangannya di Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Airlangga menilai, implementasi industri 4.0 memiliki potensi luar biasa dalam merombak aspek rantai nilai di sektor industri, serta mampu mengubah berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

“Tidak hanya dalam proses produksi manufaktur, industri 4.0 melahirkan model bisnis yang baru dengan basis digital guna mencapai efisiensi dan produksi yang tinggi dengan kualitas yang lebih baik,” terangnya.

Menurutnya, justru pada revolusi industri keempat atau era digitalisasi, akan butuh banyak pekerjaan di bidang analisa data atau artificial intelligence

“Biasanya pekerjaan ini berhubungan dengan statistik,” tandasnya. (ronald)

 

Artikel Terkait