Nasional

Tingkatkan Pengamanan Kedaulatan Laut, Kementerian KKP Teken MoU Dengan TNI

Oleh : Ronald - Senin, 11/02/2019 16:25 WIB

Untuk meningkatkan pengawasan terhadap kedaulatan kelautan dan perikanan di perairan Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerjasama dengan TNI di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk meningkatkan pengawasan terhadap kedaulatan kelautan dan perikanan di perairan Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP) menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerjasama dengan TNI di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (11/2/2019).

"Kedaulatan penegakkan hukum dan juga kemampuan daya untuk menangkap memastikan sumber daya kelautan dan perikanan ini selalu ada banyak dam terus menerus ada, itu yang paling penting," ucap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada awak media.

"Karena kita hidup berbangsa akan terus menerus generasi ke generasi laut masa depan bangsa, slogan pemerintah  visi pemerintah tidka mungkin terlaksana kalau TNI tidak bersama KKP menjaga," lanjutnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan bersinergi dengan KKP untuk menjaga sumber daya kelautan dan perikanan. Pihaknya sadar bahwa mulai dari dasar lautan sampai pucuk gunung negara ini sangat kaya raya, oleh karena itu penjagaan itu sangat penting.

"TNI juga memiliki infrasturktur yang digelar dimana saja yang mungkin diperlukan oleh KKP dan TNI siap untuk membantu melaksanakan tugas yang diembankan oleh negara kepada KKP," tegasnya.

Menurut Hadi, dari segi perikanan, apabila bisa mengelola dan menjaga tidak hanya masyarakat pesisir yang merasakan kekayaan tersebut,  namun juga industri-industri perikanan akan bisa berjalan dengan baik, dan endingnya adalah untuk kesejahteraan rakyat di Indonesia.

"TNI menyadari betul untuk bisa mendukung KKP menjaga laut kita agar KKP juga bisa mengelola dengan baik tanpa adanya gangguan dari dalam maupun dari luar sehingga kami siap untuk menggelar kekuatan apabila diperlukan mulai dari kita menangkap para pelaku-pelaku pencuri biota laut, flora atau fauna kita akan lindungi semua," ungkapnya.

MoU ini akan memperkuat jalinan kerjasama antara KKP-TNI dalam bidang pelaksanaan program penguatan ketahanan pangan, serta pengamanan dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah nusantara.

Sejak tanggal di tandatanganinya, Mou ini akan berlaku selama 5 tahun mendatang. Berlakunya MoU ini tidak membatalkan perjanjian kerjasa sama yang jangka waktunya masih berlaku, meski begitu dengan berlakunya MoU baru ini kesepakatan bersama antara KKP dan TNI AL nomor KKp 04/MEN-P/KB XII/2014 dan nomor PKB/17/XII/2014 tentang peningkatan pengawasan dan penegakkan hukum di bidang kelautan dan perikanan pada tanggal 1 Desember 2014 akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Sejatinya, KKP dalam hal ini terus mengawal visi misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini diwujudkan oleh KKP melalui misi menjadikan laut sebagai masa depan bangsa melalui pilar kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

Dalam memberantas kedaulatan, KKP telah berupaya memberantas illegal, unreported, and underregulated (IUU) fishing melalui kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya TNI, untuk menegakkan hukum di seluruh perairan Nusantara. (ronald)



 

Artikel Terkait