Nasional

Tim Panelis : Cari Calon Wakil Gubernur DKI Tidak Bisa Asal Rekomendasi Saja

Oleh : Ronald T - Senin, 11/02/2019 17:55 WIB

Penting dihadirkannya Tim Panelis dalam menguji agar patut dan layaknya setiap nama yang disodorkan itu menjadi orang nomor dua di DKI Jakarta tersebut.

Jakarta, INDONEWS.ID - Salah satu anggota Tim Panelis Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ubaedilah Badrun dalam sebuah wawancara dengan media elektronik nasional di Jakarta (11/2/2019), mengatakan patut dan layaknya seseorang menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan rupanya memang tidak bisa asal pengajuan rekomendasi nama yang diperkenankan.

Oleh karena itu, menurutnya penting untuk dihadirkannya Tim Panelis dalam menguji agar patut dan layaknya setiap nama yang disodorkan itu menjadi orang nomor dua di DKI Jakarta tersebut.

"Kita sebetulnya melakukan proses fit and proper test itu beberapa kali dan beberapa metode, ya. Jadi tidak hanya tanggal 27, hampir setiap pekan kita mengadakan pertemuan sampai pertemuan terakhir hari Jumat kemarin itu sampai dini hari itu sudah mengambil keputusan," ujarnya.

Selain itu, Badrun menegaskan bahwa dalam metode dan langkah yang diberikan kepada calon wakil gubernur ini antara lain dengan wawancara yang mendalam untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan setiap nama calon dengan masalah di Kota Jakarta dan mengenal Gubernur Anies Baswedan sendiri yang tentunya untuk melihat kedekatan psikologi tersebut.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengatakan bahwa Tim Panelis menilai tanpa angka atau kuantitatif melainkan dengan kualitatif, yakni dengan adanya makalah terkait situasi Kota Jakarta dan Focus Group Discussion (FGD) bersama pebisnis, ekonom, LSM hingga tokoh masyarakat lainnya dari kalangan budaya.

"Tidak menggunakan angka untuk memberikan penilaian tetapi pendekatannya kualitatif ini kita narasikan seluruh kandidat itu dalam bentuk deskripsi yang lebih detail. Setelah itu baru kita rekomendasikan apakah layak direkomendasikan atau tidak. Jadi prosesnya memang lama, kita lama itu menentukan indikator atau kriteria yang tepat untuk calon wakil Gubernur," tandasnya. (ronald)

Artikel Terkait