Nasional

Presiden 2019 - 2024 Terpilih Diharapkan Fokus Pada Kelautan

Oleh : luska - Selasa, 12/02/2019 16:35 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Mantan Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Maritim dan Tata Ruang, Son Diamar mengharapkan presiden terpilih pada Pemilu 2019 nanti juga fokus soal kelautan.

Presiden mendatang,lanjut Diamar, harus memperhatikan juga soal tata kelola kemaritiman dan kelautan, tetapi sumber daya di laut Indonesia harus jadi prioritas utama.

Hal itu disampaikan, dalam diskusi publik bertajuk `Menakar Komitmen Capres 2019-2024: Masihkah Laut menjadi Poros Maritim Bangsa?` di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

"Sistem hukum kita masih sangat orientasi darat. Kita dorong siapapun presiden bisa memikirkan negara kepulauan terluas di dunia ini menjadi terkemuka dalam soal maritim," imbuhnya.

Diamar menjelaskan, potensi laut cukup mumpuni bagi Indonesia yang memiliki luas laut 3,25 juta km per segi. Pemanfaatan dan pengelolaan hasil-hasil laut Indonesia juga dianggap belum maksimal.

Salah satunya, kata Diamar, pemanfaatan laut yang paling potensial salah satunya sektor pariwisata. Pariwisata berkaitan dengan laut luar biasa. Itu bisa mengubah sistem industri perdagangan di dunia, sistem logistik dunia dan tata harga dunia. (Lka)

Artikel Terkait