Nasional

Kementerian Pertahanan Menerima Kapal Angkut Tank KRI Teluk Lada-521

Oleh : Syailendra - Selasa, 26/02/2019 15:16 WIB

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyaksikan acara serah-terima KRI Teluk Lada-521 dari PT Daya Radar Utama (DRU) kepada Pusat Pengadaan Badan Sarana Pertahanan (Kapusada Baranahan) Kementerian Pertahanan

Lampung, Indonews.id - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyaksikan acara serah-terima KRI Teluk Lada-521 dari PT Daya Radar Utama (DRU) kepada Pusat Pengadaan Badan Sarana Pertahanan (Kapusada Baranahan) Kementerian Pertahanan di Dermaga PT DRU, Panjang, Bandar Lampung.

Kapal Angkut Tank (AT- 4) KRI Teluk Lada-521 itu akan memperkuat alutsista di jajaran TNI Angkatan Laut. Serah-terima KRI Teluk Lada-521 ini ditandai penandatanganan berita acara serah-terima dan pemberian replika KRI Teluk Lada-521 oleh Dirut PT DRU Amir Gunawan kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. 

Ryamizard menyatakan penyerahan kapal angkut tank ini merupakan bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan alutsista TNI untuk memperkuat pertahanan negara. Selain itu, dikatakan Ryamizard, KRI Teluk Lada-521 merupakan alutsista dengan teknologi canggih. "Penyerahan kapal angkut tank ini merupakan bagian integral dari upaya pemenuhan kebutuhan alutsista TNI guna memperkuat pertahanan negara. Kapal ini juga merupakan alutsista modern berteknologi canggih, sehingga dapat memperkuat jajaran kemampuan TNI AL," ujar Ryamizard Ryacudu.

Ryamizrad menambahkan, KRI Teluk Lada-521 merupakan Kapal Angkut Tank (AT-4) kedua yang dibangun oleh anak bangsa yaitu PT. Daya Radar Utama (DRU). Sebelumnya telah dibangun KRI Bintuni pada 2017. "KRI Teluk Lada-521 merupakan kapal angkut tank yang kedua yang dibangun di galangan PT Daya Radar Utama, di mana sebelumnya telah dibangun KRI Bintuni yang mampu mengangkut Tank Leopard yang telah diserahkan pada tahun 2017," ujar mantan Kepala Staf Angkatan Darat. 

Seusai penandatanganan berita acara serah-terima, acara dilanjutkan dengan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan Pertama KRI Teluk Lada. Komandan KRI Teluk Lada dikukuhkan kepada Letkol Laut (P) Gunawan Hutahuruk oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.  Acara dilanjutkan pemotongan pita oleh Ny Nora Ryamizard Ryacudu didampingi Ny Manik Siwi Sukma Adji sebagai simbolis resmi masuknya KRI Teluk Lada-521 di jajaran TNI AL. Kemudian acara dilanjutkan dengan tinjauan ke atas KRI Teluk Lada-521.

Ryamizard juga berpesan kepada komandan dan prajurit KRI Teluk Lada-521 untuk meningkatkan profesionalisme serta menjamin keamanan dan kedaulatan laut Indonesia. Selain itu, ia meminta staf TNI AL merawat dan menjaga KRI Teluk Pala dengan baik.  "Laksanakan tugas kalian di laut dengan sebaik-baiknya agar kehadiran kalian di laut mampu menjaga kedaulatan dan keamanan bangsa serta menjamin rasa aman dan nyaman bagi seluruh kapal yang berlayar di perairan Indonesia, baik kapal berbendera Indonesia maupun berbendera negara lain," tegasnya.

"Tidak lupa saya juga minta kepada Kepala Staf TNI AL beserta staf dan seluruh prajurit untuk merawat dan memelihara alutsista ini dengan sebaik-baiknya agar Kapal ini memiliki usia pakai yang optimal. Hal ini juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kita kepada rakyat yang telah menghadiahkan kita Alutsista Modern yang berkemampuan dan berteknologi canggih ini," tambahnya.

KRI Teluk Lada-521 memiliki spesifikasi teknis dengan ukuran panjang 117 meter, lebar 16,40 meter, dan tinggi 7,8 meter. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 16 knots dan kecepatan jelajah 13 knot, radius pelayaran 6.240 mil laut (range 13 knot) dan mampu mengangkut pasukan serta ABK sebanyak 478 personel.

Kapal ini juga dirancang untuk mampu mengangkut sampai dengan 15 unit Tank BMP 3F serta 1 unit helikopter. Dengan telah diserahterimakannya KRI Teluk Lada-521 itu, secara resmi hal itu akan menambah kekuatan alutsista di jajaran TNI AL, khususnya di bawah Komando Armada III yang beroperasi di perairan wilayah timur Republik Indonesia.

Artikel Terkait