Nasional

Menkopolhukam Apresiasi Mendagri

Oleh : hendro - Kamis, 28/02/2019 23:01 WIB

Menkopolhukam Wiranto

Batam, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengapresiasi Menteri Dalam Negeri yang sering Menginisiasi Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019. 

Hal ini dikatakan Wiranto saat membuka Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional dalam Rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, di Batam,  Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (28/02/2019).

Wiranto menyebutkan, rapat koordinasi kian penting dilakukan sebagai sebuah langkah koordinasi untuk menyamakan  visi penyelenggara Pemilu dan instansi terkait untuk mewujudkan keberhasilan dan kesuksesan Pemilu 2019.

“Saya  memberikan apresiasi kepada Mendagri yang terus-menerus menginisiasi rapat-rapat koordinasi. Sudah ada Undang - Undang, KPU, Bawaslu sudah jelas. Kenapa kita harus koordinasi? harus koordinasi karena kita satu tim, kita bukan berdiri sendiri, kita bukan punya pekerjaan yang terpisah, tetapi mempunyai tugas yang bersama-sama yang mengerucut sampai kepada keberhasilan Pemilu Serentak 2019. Kalau tidak ada koordinasi boleh jadi nanti Pemilu tidak aman, Pemilu tidak tertib, Pemilu tidak sukses. Oleh karena itu, perlu Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional),” kata Wiranto.

Tujuan penyelenggaraan Pemilu, selain untuk menjamin kesinambungan pembangunan nasional, juga dimaksudkan untuk melaksanakan kedaulatan rakyat, sebagai perwujudan hak asasi politik rakyat, untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di DPR, DPD dan DPRD, memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta melaksanakan pergantian personal pemerintahan secara damai, aman, dan tertib secara konstitusional. Oleh karenanya, Wiranto berharap  perbedaan pilihan politik tidak membuat perpecahan dan pertikaian  antar anak bangsa.

Lebih lanjut Wiranto juga mengingatkan sejumlah tantangan yang harus dihadapi bersama dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang dimungkinkan menjadi penyebab kegagalan Pemilu maupun perpecahan, seperti politisasi SARA, kampanye di tempat Ibadah, hoax hingga keamanan sampai pemungutan suara. 

Karena itu, Wiranto mengajak semua pihak, terutama aparat keamanan untuk menjaga keamanan Pemilu 2019 semaksimal mungkin sera turun menyukseskan Pemilu Serentak 2019.

Artikel Terkait