Nasional

KKP Raih Penghargaan Terkait Sistem Pemantau Kapal Perikanan

Oleh : Ronald - Minggu, 10/03/2019 13:35 WIB

Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Agus Suherman, bahwa pencapaian itu diraih melalui perjalanan cukup panjang dan dimulai dengan pengusulan kebijakan sebagai bahan penilaian Indeks Kualitas Kebijakan.

Jakarta, INDONEWS.ID - Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) memberikan penghargaan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Penghargaan ini yang diberikan ini terkait dengan sistem pemantauan kapal perikanan.

Diwakili oleh Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Agus Suherman, bahwa pencapaian itu diraih melalui perjalanan cukup panjang dan dimulai dengan pengusulan kebijakan sebagai bahan penilaian Indeks Kualitas Kebijakan.

"Setelah melalui berbagai tahapan dan pertimbangan, lanjutnya, maka Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 42 Tahun 2015 tentang Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (SPKP) terpilih sebagai kebijakan yang diusung KKP," kata Agus di Jakarta, Minggu (10/3/2019)

Direktorat Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen PSDKP selaku pemilik kebijakan mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk kegiatan penilaian yang dapat di upload laman http://ikk-pusaka.lan.go.id.

"LAN juga sempat berkunjung untuk memantau dan melihat langsung kegiatan pemantauan kapal melalui SPKP di Pusat Pengendalian," ujar Agus.

Agus berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi KKP terus melakukan inovasi-inovasi kebijakan untuk meningkatkan pelayanan publik.

Sekedar informasi, dari 37 kementerian/lembaga/pemerintahan yang ikut serta dalam penilaian, KKP telah berhasil terpilih sebagai salah satu dari enam K/L/D yang telah meraih penghargaan.

Sementara ada lima lainnya yang turut terpilih, yakni Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Pemerintah Daerah Kota Pemantang Siantar, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan dan juga Pemerintah Daerah Tulung Agung.

Perlu diketahui, untuk KKP sendiri telah berhasil meraih penghargaan sebagai "instansi pemerintah yang memiliki inisiatif membangun kualitas kebijakan publik yang baik". Penyerahan penghargaan telah dilakukan pada 6 Maret 2019. (rnl)

Artikel Terkait