Pojok Istana

Jokowi: Jangan Coba-coba Mengelola Negara yang Besar Ini

Oleh : very - Minggu, 10/03/2019 18:55 WIB

Jokowi di depan 6.000-an pendukungnya di pelataran Monumen Perjuangan, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/3/2019). (Foto: Kompas.com)

Bandung, INDONEWS.ID -- Calon presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo mengatakan, masyarakat Indonesia jangan coba-coba memberikan kepercayaan kepada pemimpin yang belum memiliki pengalaman dalam mengurus negara ini. Mengurus negara ini, menurut Capres Jokowi, tidak bisa coba-coba dan karena itu harus diserahkan kepada orang yang berpengalaman.

Hal itu diungkapkan Jokowi di depan 6.000-an pendukungnya di pelataran Monumen Perjuangan, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/3/2019).

"Untuk mengelola negara sebesar Indonesia, jangan diberikan kepada yang belum berpengalaman," ujar Capres petahana itu.

Pernyataan Jokowi itu disambut sorak sorai pendukungnya sehingga ia sempat menghentikan pidatonya sejenak. Besarnya Indonesia, kata Jokowi, terlihat dari jumlah penduduk serta kekayaan alam dan budayanya. Penduduk Indonesia terdiri dari 260 juta jiwa yang hidup di 17.000-an pulau yang terdiri dari 34 provinsi dan 514 kota/ kabupaten.

"Kita harus menyadari untuk mengelola negara sebesar Indonesia itu tidak mudah, tidak gampang," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian membeberkan sejumlah pengalamannya dalam dunia pemerintahan. Ia pernah menjabat Wali Kota Surakarta sebanyak dua periode. Kemudian, ia juga pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta meskipun tidak sampai berakhirnya masa jabatan.

Setelah itu, Jokowi mendapatkan amanah dari rakyat Indonesia menjadi presiden untuk periode 2014-2019. "Pengalaman-pengalaman itulah yang mendorong saya memotivasi kita di dalam mengelola pemerintahan negara sebesar Indonesia," pungkas Jokowi. (Very)

Artikel Terkait