Nasional

Apel Pengamanan Pemilu 2019, 453.133 Prajurit TNI/Polri dan Sejumlah Alutsista Dilibatkan

Oleh : luska - Jum'at, 22/03/2019 17:04 WIB

Apel gabungan TNI/Polri pengamanan Pemilu 2019.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Jumlah kekuatan prajurit TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2019 adalah sebanyak 453.133 orang didukung dengan Alutsista.

Hal tersebut dijelaskan Menkopolhukam Wiranto saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Run Way, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (22/3/2019). Wiranto didampingi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Dalam sambutannya, Menkopolhukam mengatakan, Pemilu Serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 (lima) jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan.

Selain itu, pmilu serentak kali ini juga menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya.

Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini, lanjut Wiranto, itu tergantung dari semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan. Tidak ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI Polri.

Dijelaskan Menkopohukam Pemilu serentak 2019 ini bukan untuk membenturkan satu pihak dengan pihak yang lain atau ajang konflik antara kubu yang satu dengan kubu yang lain. Namun , imbuhnya, sejatinya Pemilu Serentak Tahun 2019 memilih pemimpin dan bukan mengadu pemimpin, momen ini harus menjadi ajang unjuk kompetensi, program dan kapabilitas untuk mendapatkan kepercayaan rakyat yang akan memilihnya menjadi pemimpin nasional.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019, agar seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum. Wujudkan sinergitas antara TNI-Polri dengan penyelenggara Pemilu dan seluruh komponen masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul dilapangan dapat dihadapi, dikoordinasikan dan dipecahkan bersama.

Hadir dalam apel tersebut Kemendagri, anggota Bawaslu, KPU, para perwira TNI dan Polri, para anggota Linmas, Ormas dan Potmas,  beserta Alutsita diantaranya Meriam Astros, Helikopter Bell-412 dan SP, APC Turangga, Pesawat Angkut serta Ranpur BTR-4.  (Lka)

Artikel Terkait