Daerah

Pendapatan Petani Pisang Meningkat Karena Bermitra dengan Pemerintah

Oleh : Syailendra - Senin, 25/03/2019 16:10 WIB

Lampung, Indonews.id - Peningkatan ekspor pisang segar tidak lepas dari peran kemitraan antara petani dan pelaku usaha. Salah satunya dengan program pengembangan kawasan pisang komersial yang dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Pertanian. Salah satu yang sudah berhasil adalah pisang para petani di Kabupaten Tanggamus Lampung.

Suroto, salah satu petani di Kabupaten Tanggamus mengaku sejak bergabung dalam program kemitraan, pendapatannya jauh meningkat. Sebelum bermitra, pendapatan bersihnya hanya Rp 6 juta yang diterima setelah 4 bulan bertani padi dan jagung.

“Setelah bermitra bukan hanya dapat pasar, harganya juga stabil. Lahan saya seluas 0,7 hektare menghasilkan 0,5 ton pisang tiap minggunya. Dari itu saya mendapat keuntungan bersih Rp 5 juta per bulan,” ucap Suroto dalam keterangannya

Suroto bukan satu-satunya petani di Kabupaten Tanggamus yang bermitra. Ahmad Sudarwan, Ketua Kelompok Tani Nakula, Desa Margoyoso Kabupaten Tanggamus mengaku pendapatannya dari budidaya pisang tanduk, muli dan janten seluas 1,5 hektare sebelum bermitra hanya mencapai Rp 1 juta per dua minggu.

“Setelah bermitra selama 2 tahun, saya bisa menghasilkan pendapatan bersih mencapai Rp 5 juta per dua minggu,” ucapnya.

Petani lainnya, Bardi mengungkapkan bahwa sebelum bermitra harga pisang hasil budidayanya fluktuatif. Bahkan setelah pada perayaan Idul Fitri harga pisang menurun tajam hingga Rp 600 per kg.

Kemitraan ini berawal dari lahan 5 hektare kawasan pisang oleh Kementerian Pertanian melalui program pengembangan kawasan pisang komersialpada 2016. Saat ini kemitraan di Kabupaten Tanggamus terus meningkat mencapai 300 hektare.

Melalui kemitraan ini, petani didorong dan dibina untuk membudidayakan varietas pisang yang diminati pasar dengan mengacu pada budidaya yang baik, sehingga dapat menghasilkan pisang yang bermutu tinggi. Selain itu pisang hasil budidayanya dijamin pemasarannya.

Artikel Terkait