Daerah

Atas Perintah Jokowi, Kementan Serahkan 20 Juta Ekor Ayam untuk Petani

Oleh : Syailendra - Sabtu, 30/03/2019 13:31 WIB

Menteri Pertanian beri bantuan ayam untuk petani, demi kesejahteraan dan menambah gizi anak bangsa. (Foto: Istimewa)

Kuningan Indonews.id - Atas perintah Presiden Jokowi Kementerian Pertanian menyalurkan bantuan ayam di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 20 juta ekor. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan menambah gizi generasi bangsa.

"Inilah bukti pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menyelesaikan masalah. Generasi cerdas, masyarakat sejahtera maka negara kita pasti maju," jelas menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Menurut Amran, apabila masyarakat dan generasi muda Indonesia ingin menjadi sukses, syaratnya adalah bekerja keras atau tidak membuang waktu, menebar bibit unggul dan tidak menebar hoax.

"Syaratnya jika ingin maju, jangan kena sinar matahari di rumah syarat berikutnya adalah menebar bibit unggul jangan tebar hoax. Sebab itu tidak tidak baik, jangan kita saling memfitnah antar teman dengan teman dan antar tetangga dengan tetangga karena takdir tidak pernah tertukar," ujarnya.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi pemerintahan Jokowi-JK melalaui Kementan yang mendukung dan memajukan pertanian di Kuningan. Pertemuan apresiasi dan singkronisasi yang digelar Kementan dengan para petani di Kuningan, Jawa Barat sangat penting dalam membangun sinergi guna percepatan pembangunan pertanian.

"Tadi Pak Menteri bisikan ke saya akan menambah mesin perontok padi. Saya berharap bimbingan dari pemerintah pusat. Sesuai arahan Presiden Jokowi untuk membangun negara dari pinggiran," ujarnya

Jadi menurut Acep, pihaknya berkomitmen membangun Kuningan berbasis desa menjadi maju dan makmur melalui sektor pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan produksi pangan dan menurunkan angka kemiskinan.

Untuk diketahui, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan bantuan langsung senilai Rp 20 miliar untuk pertanian di Kabupaten Kuningan.

Bantuan tersebut di antaranya bibit kelapa, kopi, durian, mangga, benih padi, kedelai, jagung manis, kangkung, alat mesin pertanian (traktor, power tresher, hand spryer, pompa air, cultivator), domba, ayam (gratis kandang, pakan dan obat-obatan gratis selama 6 bulan), dan program Kawasan Rumah Pangan Lestari serta Program Santri Tani Milenial. Selain untuk masyarakat, bantuan ayam pun khusus untuk pondok pesantren tani milenial. Serta bantuan tambahan alat perontok padi (power thresher) 20 unit.

 

Artikel Terkait