Nasional

Gubernur DKI : Kedepan Seluruh Moda Transportasi harus Terintegrasi Satu Sama Lainya

Oleh : luska - Senin, 01/04/2019 11:55 WIB

Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya bakal membangun Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau skybridge antara stasiun ASEAN dengan halte bus Transjakarta di sekitar lokasi tersebut.

Hal tersebut lantaran saat ini, warga kesulitan untuk berpindah dari MRT Jakarta ke Transjakarta begitu juga sebaliknya.

"Jadi bagi warga dari Ciledug yang mau turun pindah ke MRT nggak bisa, sama dari warga Lebak Bulus yang naik MRT turun di sana pindah ke Tranjakarta juga nggak bisa. Nah kita tadi berhenti sebentar untuk melihat, bahwa kita nanti membangun semacam skybridge antara stasiun ASEAN dengan halte bis yang ada di atas," kata Anies, Senin (1/4/2019).

Anies mengatakan semua moda transportasi nantinya harus terintegrasi. Anies meminta jajarannya merencanakan dengan baik pembangunan transportasi.

Menurut Anies, pentingnya pembangunan skybridge sebagai bentuk keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam mengintegrasikan antar moda transportasi di ibukota. Sehingga, ke depan warga Jakarta dapat bepergian ataupun berangkat dan pulang kerja dengan nyaman.

"Itu adalah contoh sempurna perencanaan tanpa integrasi bagaimana mau lewat di atasnya ada TJ dibangun relatif bersamaan tapi tidak ada sedikitpun sambungan antar keduanya," ungkapnya.

Sebagai informasi, Kereta MRT bertolak dari Lebak Bulus ke Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI dan sebaliknya. Sepanjang jalur yang mencapai 10 kilometer tersebut, ada 13 stasiun di sejumlah titik wilayah di mana penumpang bisa naik ataupun turun.

Ketigabelas stasiun MRT Jakarta yang enam di antaranya adalah stasiun bawah tanah, yaitu:

Stasiun Lebak Bulus
Stasiun Fatmawati
Stasiun Cipete Raya
Stasiun Haji Nawi
Stasiun Blok A
Stasiun Blok M
Stasiun Sisingamangaraja
Stasiun Senayan (bawah tanah)
Stasiun Istora (bawah tanah)
Stasiun Benhil (bawah tanah)
Stasiun Setiabudi (bawah tanah)
Stasiun Dukuh Atas (bawah tanah)
Stasiun Bundaran HI (bawah tanah)

Stasiun-stasiun yang beroperasi di atas rencananya bakal beroperasi dari pukul 05.00 – 24.00. Namun, waktu keberangkatan kereta MRT berbeda-beda di jam-jam tertentu. (Lka)

TAGS : mrt gubernur dki

Artikel Terkait