Politik

Warga Jakarta Timur Mantapkan Pilihan untuk Bang Erwin Ricardo

Oleh : very - Rabu, 03/04/2019 22:30 WIB

Erwin Ricardo berpose bersama warga Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman seusai dialog. (Foto: Ist)


Jakarta, INDONEWS.ID - Erwin Ricardo, SE, Caleg DPR RI Nomor Urut 2 dari Partai Golkar Dapil DKI-1/Jakarta Timur mengungkapkan rasa syukurnya karena warga Jakarta Timur semakin memantapkan dukungan kepada dirinya. Ungkapan rasa syukur itu disampaikan Erwin saat blusukan ke pemukiman warga di wilayah Kecamatan Matraman dan Kecamatan Jatinegara sepanjang akhir pekan lalu. 

Dalam pertemuan di Kelurahan Kebon Manggis Kecamatan Matraman, Sabtu malam (30/3/2019), yang dimediasi secara swadaya oleh Sahabat Erwin Ricardo, hadir sekitar 70 orang warga yang didominasi oleh kaum ibu (emak-emak). Erwin Ricardo merasa surprise sebab ia tidak menduga mendapatkan sambutan antusias dari warga Matraman.

Saat berdialog dengan warga, Erwin mengajak warga agar di dalam Pileg tanggal 17 April, masyarakat hendaknya memilih partai politik yang sudah berpengalaman panjang dalam kancah politik nasional khususnya di parlemen.

"Partai Golkar adalah partai moderen tertua di Indonesia yang sudah sangat berpengalaman di parlemen. Semenjak kelahirannya, sampai kini di era milenial yang dipimpin oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto, Partai Golkar konsisten mempraktekkan demokrasi secara sungguh-sungguh di seluruh level kepemimpinan, mulai dari DPP sampai ke DPD," tegas Erwin seperti dikutip dari siaran pers, di Jakarta, Rabu (3/4).

Menurut Erwin, Partai Golkar bukanlah partai jargonistik yang pemimpinnya hanya berbusa-busa pidato tentang demokrasi tetapi tidak menjalankan demokrasi di internal partainya. 

"Partai Golkar bukan partai yang suka berbasa-basi tentang penegakan hukum, sementara hukum di dalam organisasi yakni AD/ART malah tidak pernah dijalankan. Partai Golkar pun bukan partai yang suka bermulut manis menyatakan diri sebagai partai bersih, padahal di baliknya malah sibuk memburu rente kekuasaan dengan menghalalkan segala cara," tegas Erwin menyindir parpol yang disinyalir memusuhi Golkar melalui modus pemberitaan media secara tidak berimbang dan vulgar. 

Mengenai Pilpres yang berlangsung serentak dengan Pileg, Erwin mengajak warga Matraman untuk meneguhkan pilihannya kepada Capres Jokowi yang berpasangan dengan Cawapres KH Ma`ruf Amin. 

"Presiden Jokowi telah membuktikan keberpihakannya pada pembangunan ekonomi yang merata di seluruh wilayah melalui pembangunan infrastruktur. Masyarakat tidak akan kecewa bila memilih kembali Presiden Jokowi sebab beliau telah memberikan bukti, dan bukan sekedar janji. Presiden Jokowi adalah presiden yang siap membawa Indonesia naik lebih tinggi di kancah dunia sebagai negeri demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan India," tegas Erwin disambut tepuk tangan warga. 

Dalam pertemuan tersebut, warga Kebon Manggis menitipkan aspirasinya kepada Erwin, agar bila nanti terpilih menjadi Anggota DPR RI kiranya bisa memperjuangkan keadilan dalam hal akses dan kriteria terhadap program PKH (Program Keluarga Harapan). Warga pun berharap agar kelak setelah terpilih, Erwin tetap bersikap amanah dan mudah dihubungi oleh warga untuk berkomunikasi.

Disambut Nyanyian Musik Rebana

Sebelumnya, pada Ahad malam (24/3/2019), Erwin Ricardo bersilaturahim ke lingkungan warga Kelurahan Cawang, Kecamatan Jatinegara. Saat tiba di rumah Haji Achmad, tokoh masyarakat setempat, Erwin disambut dengan nyanyian musik rebana bernuansa Timur Tengah. Kelompok penyanyi rebana ini adalah kaum ibu anggota Majelis Taklim, yang dengan penuh keramahan menerima kehadiran Erwin. 

Dalam pertemuan ini, Erwin meyakinkan warga Cawang untuk teguh berpegang dalam praktek politik bersih selaras dengan pesan-pesan moral dari ajaran agama masing-masing. 


(Grup rebana ibu-ibu Majelis Taklim Kelurahan Cawang, sedang membawakan nyanyian sambutan selamat datang saat menerima Erwin Ricardo, di rumah kediaman Haji Achmad- baju koko putih, peci hitam. Foto: Ist)

Menurut Erwin, pada Pemilu 2019 ini pemerintah telah berkomitmen untuk mengawal politik yang bersih. Hal itu dibuktikan dengan adanya sistem penegakan hukum terpadu atau Gakumkdu yang melibatkan Kepolisian, Bawaslu, Kejaksaan, dan KPK. 

Menyerap aspirasi warga Cawang mengenai banyaknya anak-anak autis di lingkungan warga yang kurang memperoleh perhatian pemerintah, Erwin meyakinkan warga bahwa bila dirinya diberi amanah sebagai wakil rakyat Jakarta Timur di Senayan, dia akan berkomunikasi secara efektif dengan Kementerian Sosial, untuk menangani masalah anak-anak autis. Begitu pula dengan permasalahan kaum Manula (manusia lanjut usia) yang kurang memperoleh penanganan secara serius. 

Berkaitan dengan masalah pengangguran di kalangan anak-anak muda usia produktif, Erwin berkomitmen untuk membahas masalah ini dengan Kementerian Tenaga Kerja dan lintas-kementerian, di antaranya Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

"Kita akan mendesak pemerintah agar lebih menguatkan program kewirausahaan di kalangan pemuda," tegas Erwin yang juga Wakil Ketua Umum Depinas SOKSI, sebuah organisasi perjuangan yang berbasis ideologi karyawanisme.

Seusai berdialog dengan warga, Erwin didoakan secara khusus agar memperoleh ridho dari Allah Sang Pencipta, dibukakan jalan kemenangan sebagai Anggota DPR RI mewakili masyarakat Jakarta Timur. Doa yang berlangsung khusyuk itu langsung dipimpin oleh tokoh umat Islam setempat, yakni Habib Said Bahanan. (Very)

Artikel Terkait