Nasional

Pushidrosal Dukung Survei dan Pemetaan Posisi Pipa Gas Bawah Laut Pertamina

Oleh : luska - Jum'at, 12/04/2019 14:30 WIB

Pushidrosal Dukung Survei dan Pemetaan Posisi Pipa Gas Bawah Laut Pertamina.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) siap mendukung survei dan pemetaan posisi pipa gas milik Pertamina Hulu Energi Ocean South East Sumatera (PHE-OSES) untuk mendukung keselamatan fasilitas offshore dan keselamatan navigasi.

Hal itu dikatakan Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro saat memenuhi undangan PHE-OSES untuk memberikan sosialisasi analisa data Peta Laut Indonesia (PLI) terbitan Pushidrosal.

Kapushidrosal yang hadir didampingi beberapa pejabat utama Pushidrosal tersebut diterima General Manager (GM) Alfi Rusin dan segenap jajaran direksi PHE-OSES di kantor PHE-OSES, Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta utara.

GM PHE-OSES Alfi Rusin menyampaikan bahwa pihaknya tidak ingin kejadian bocornya pipa gas bawah laut PHE-OSES, sebelumnya China National Offshore Oil Corporation (CNOOC), di perairan Bojonegara Banten terjadi.

Loading...

Oleh sebab itu, untuk mendukung keamanan fasilitas offshore dan keselamatan pelayaran di kawasan aset PHE-OSES, meminta bantuan Pushidrosal untuk memberikan sosialisasi tentang analisa data yang ada di Peta laut Indonesia terbitan Pushidrosal dengan data aset yang terpapar pada data peta yang dimiliki PHE-OSES.

Menanggapi hal itu, Kapushidrosal menyampaikan bahwa sebagai lembaga hidrografi di Indonesia, yang menerbitkan peta laut Indonesia, Pushidrosal berkewajiban untuk menginformasikan setiap hal terkait keselamatan dan keamanan di laut serta kelestarian lingkungan laut. Pushidrosal berperan pada tahapan penggelaran pipa dan kabel bawah laut serta instalasi lepas pantai di seluruh perairan Indonesia dan siap mendukung survei dan pemetaan posisi pipa gas bawah laut Pertamina, dalam hal ini PHE-OSES.

Ditambahkanya, Pushidrosal telah melakukan survei verifikasi untuk memastikan posisi pipa gas bawah laut PHE OSES yang terpasang dari perairan Banten hingga Kepulauan Seribu, akan digambarkan pada Peta Laut Indonesia. Selain itu, survei verifikasi yang dilakukan Pushidrosal ini juga bertujuan untuk mendukung keselamatan Navigasi dan Keamanan Pelayaran di perairan sekitar pipa gas PHE OSES.

Seperti diketahui, Pushidrosal telah mengirimkan satu Tim Survei untuk memverifikasi posisi pipa bawah laut PHE-OSES. Area survei memanjang 34 NM dengan lebar 0,53 NM, dimana tim survei ini melaksanakan Verifikasi Pipa Gas tersebut yang membentang mulai dari Gas Matering System (GMS) Cilegon, Banten hingga ke Pulau Pabelokan di perairan Kepulauan Seribu DKI Jakarta.

Operasi survei ini meliputi akuisisi, pengumpulan, pengolahan dan penyajian data hidrografi dan oseanografi serta akan digambarkan pada peta Laut nomor 78 terbaru.

Dari hasil survei, tim survei berhasil mendapatkan lokasi pipa yang memang sudah terpasang sebagai informasi untuk perbaikan Peta Laut Indonesia Nomor 78. (LKa)

Artikel Terkait