Politik

Berikut Tahapan Jokowi Bangkitkan Perekonomian Indonesia

Oleh : luska - Sabtu, 13/04/2019 23:31 WIB

Jokowi jelaskan tahapan dalam membangun Indonesia dan perekomian agar merata.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Capres 01 Joko Widodo menyebut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air diperlukan berbagai tahapan.

Yang utama dan pertama adalah dibangunnya infrastruktur sehingga nantinya akan terhubung satu daerah dengan daerah lain bahkan hingga pedalaman, sehingga roda perekonomian berjalan.

"Selama ini infrastruktur yang kita bangun akan terhubung dengan kawasan industri dan kawasan pariwisata. Tapi semua perlu tahapan," kata Jokowi dalam debat Capres terakhir, Jumat (13/4/2019).

Apabila infrastruktur telah memadai, Jokowi berjanji akan membangun sarana pendukung lain untuk menunjang perekonomian.

"Perlu tahapan-tahapan besar, tahapan pertama infrastruktur, kedua SDM, selanjutnya reformasi struktural, setelah itu teknologi dan informasi," ujarnya.

Untuk memajukan ekonomi industri Indonesia, Jokowi juga menyadari masih adanya ketergantungan berbagai komoditas terhadap pasar luar negeri.

Oleh sebab itu, bersama Ma`ruf ke depan, Jokowi akan mendorong Industrialisasi dan Hilirisasi komoditas dalam negeri, seperti pemasaran karet, kelapa sawit, perikanan.

Namun demikian pihaknya berusaha menjadikan pemasaran karet, kelapa sawit dan komoditas pertanian perikanan dan pertanian adalah hilirisasi, industrialisasi.

"Sehingga kita mengekspor bahan sudah matang. sudah bangun brand disini, sudah label disini," sambungnya.

Begitu juga dengan hilirisasi agar ekspor kita tidak mentah, minimal setengah jadi

Terkait pentingnya modernisasi di sektor pertanian, Jokowi-Ma`ruf juga sudah punya jurus mengatasinya salah satunya dengan memanfaatkan sistem online yang saat ini telah dikuasai generasi milenial.

"Untuk bidang yang terkait dengan pertanian, anak muda sekarang sudah membangun sistem online," imbuhnya. (Lka)

Artikel Terkait