100 Persen Hak Suara WNI di Tunisia Tersampaikan pada Pemilu 2019

Oleh : hendro - Senin, 15/04/2019 12:20 WIB

Dubes RI untuk Tunisia, Prof. Ikrar Nusa Bhakti bersama istri memberikan hak politiknya di TPS 001 KBRI Tunis

Tunisia, INDONEWS.ID - Surat suara yang terdapat di TPS 001 KBRI Tunis telah tersampaikan pada pemilu serentak di Tunisia, Minggu (14/4) kemarin. Proses pemungutan suara berlangsung dengan tertib, lancar dan damai.

Duta Besar RI untuk Tunisia, Prof. Ikrar Nusa Bhakti menyampaikan harapannya agar seluruh Warga Indonesia di Tunisia akan berbondong-bondong hadir TPS di KBRI Tunis.

"Mudah-mudahan pemilu tahun ini berjalan damai, lancar, langsung, bebas, umum, dan rahasia," Ucapnya.

Tak lupa, Dubes RI untuk Tunisia juga mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN Tunis pada pemilu ini.

"Saya berterima kasih kepada PPLN dan KPPSLN Tunis karena mereka telah bekerja dengan sepenuh hati sampai orang-orang yang berada di luar wilayah Tunis terdaftar dengan baik," Ungkap Ikrar.

Warga Negara Indonesia di Tunisia yang mencakup beberapa pekerja dan mahasiswa terlihat sangat antusias dalam memeriahkan pesta demokrasi ini. Salah seorang WNI mengaku sangat semangat bisa menghadiri pemilu, walau harus menempuh perjalanan selama 3 jam ke TPS.

"Alhamdulillah walau tadi perjalanan 3 jam, tapi saya semangat mau nyoblos jadi tetap berasanya sebentar. Untuk KBRI dan penyelenggara saya ucapkan terima kasih ya, semuanya komplit, bagus dan lancar." Ucap Muna Amalia, WNI di Tunisia.

Berdasarkan catatan PPLN Tunis terdapat 141 Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPT LN) di Tunisia, namun 16 pemilih mendapatkan surat A5 atau pindah tempat memilih. Dari 125 DPT yang tercatat di TPS dan POS, hak suara yang tersalurkan di TPSLN sebanyak 122. Sementara, 3 surat suara pos juga tersampaikan semua. 

Selain itu, Terdapat 3 Daftar Pemilih Tetap baru (DPTb) dan 6 Daftar Pemilih Khusus (DPK) di penghujung waktu pencoblosan. Dengan demikian, partisipasi pemilih di TPS KBRI Tunis mencapai 100% dari target yang ditetapkan KPU Pusat.

Dari keputusan KPU, TPS luar Negeri mulai pemilihan lebih awal sejak tanggal 8-14 April 2019. Sedangkan perhitungan suara dilakukan serentak pada hari rabu nanti, (17/4).

"Dari tanggal 8-14 April yang ditentukan KPU pusat untuk pemilihan di luar negeri. Kami memilih tanggal 14, karena tepat pada hari minggu, dimana hampir seluruh warga kita sedang tidak ada kegiatan dan kita asumsikan semuanya libur sehingga bisa datang ke TPS." Ujar Lukman, Anggota PPLN Tunis.

Acara pemungutan suara dimeriahkan juga dengan berbagai hiburan menarik seperti karaoke, games, doorprize, nonton film dan berbagai kuliner Indonesia. TPSLN ditutup dan acara selesai pukul 18.00 dengan sangat tertib, lancar dan menyenangkan.

"Acara hari ini berjalan baik, antara PPLN dan KPPSLN karena saya menyaksikan sendiri, mereka bekerja sampai bergadang. Insya Allah pemilu ini lebih baik dari tahun kemarin, dari segi dekorasi dan lain sebagainya," Kesan Ulung, Staf KBRI Tunis.(Mariam Ulpah)

Artikel Terkait