Politik

Kesalahan Input Data C1, KPU : Kami Telah Perbaiki

Oleh : luska - Sabtu, 20/04/2019 16:30 WIB

Konfrensi pers peresmian Pusat Informasi Perhitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu 2019. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menanggapi adanya tudingan yang menyebut KPU melakukan kecurangan terkait input data, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengakui ada kesalahan input data C1 pada Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Namun demikian, lanjut Arief, KPU langsung memperbaiki kesalahan tersebut.

Hal tersebut dijelaskan Arief di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

KPU mencatat, hingga Jumat (19/4) siang, kesalahan memasukkan data rekapitulasi hasil penghitungan suara dari C1 ke Situng terjadi pada sembilan tempat pemungutan suara (TPS). Sembilan TPS tersebut tersebar di tujuh provinsi.

Menurut Arief kesalahan tersebut dikarenakan faktor kelelahan pegawainya yang di TPS hingga KPPS kelelahan. Lantaran para petugas ini telah mulai bekerja, sebelum dan sesudah pencoblosan tanpa berhenti.

Arief pun meminta pada publik agar memberikan informasi secara benar dan melalui media yang benar jika menemukan kesalahan untuk kemudian dikoreksi.

"Kalau ada kesalahan sama-sama kita berikan infonya," kata dia.

Ditambahkan Arief, pihaknya telah mengunggah pemindai (scan) C1 maupun hasil hitung secara hati-hati. Publik, kata dia, bisa melihat data-data yang tertera secara terbuka. (Lka)

Artikel Terkait