Nasional

Menko Perekonomian Turun Tangan Atasi Mahalnya Harga Tiket Pesawat

Oleh : Ronald - Kamis, 25/04/2019 22:10 WIB

Terkait Mahalnya Harga Tiket Pesawat, Menko Darmin memastikan akan memanggil pemangku kepentingan di industri penerbangan, termasuk Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara Danadiputra.

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution akan turun tangan langsung untuk menyelesaikan persoalan tiket pesawat mahal.

Menko Darmin memastikan akan memanggil pemangku kepentingan di industri penerbangan, termasuk Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara Danadiputra.

"Kita (akan) rapat dengan perhubungan, Garuda, Menteri BUMN awal minggu depan," kata Menko Darmin di kantornya, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Menurut Darmin, masalah tiket pesawat harus segera diselesaikan karena permintaan biasa meningkat saat musim mudik. Pasalnya, tarif tiket pesawat akan berdampak pada inflasi yang ditargetkan tetap rendah.

"Kita sudah membicarakan tadi bahwa perlu ada aturan jelas mengenai batas atas dan batas bawah, supaya dipatuhi semuanya, karena biasanya, pada Idul Fitri, dia (tarif) naik lagi," tuturnya.

Adapun upaya yang bakal dilakukan oleh Mantan Gubernur BI itu  antara lain dengan melakukan evaluasi kebijakan batas bawah dan batas atas yang sudah berjalan.

Hanya saja, Darmin menepis anggapan jika pemerintah akan memaksa Garuda menurunkan harga tiket pesawat.

"Kita lihat saja lah batas atasnya sebenernya yang betul berapa, kemudian masing-masing harus mematuhi," ucapnya. (rnl)
 

Artikel Terkait