Daerah

Bakal Jadi Ibu Kota Baru, Pemprov Kalteng Siapkan Lahan 300 Ribu Hektare

Oleh : Ronald - Rabu, 01/05/2019 22:31 WIB

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Telah Menyiapkan Lahan seluas 300 hektar yang tersebar di tiga kabupaten. Hal ini dilakukan terkait dengan adanya rencana pemindahan Ibu Kota negara yang direncanakan oleh Presiden Joko Widodo.

Jakarta, INDONEWS.ID - Lahan seluas 300 hektar yang tersebar di tiga kabupaten tengah disiapkan oleh Pemerintah Provinsin Kalimantan Tengah.

Hal ini dilakukan terkait dengan adanya rencana pemindahan Ibu Kota negara yang direncanakan oleh Presiden Joko Widodo.

Dari tiga kabupaten yang sudah disiapkan, antara lain Palangkaraya yang menyediakan lahan seluas 119 hektare, ada juga wilayah Kabupaten Katingan juga menyediakan lahan seluas 81 hektare. Yang terakhir adalah Kabupaten Gunung Mas juga menyiapkam lahan seluas 98 hektare lebih.

"Jadi dari tiga daerah tersebut berjumlah sekitar kurang lebih 300.000 hektare untuk pembangunan fasilitas ibu kota pemerintahan baru di Kalteng nantinya," ujar Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di Palangka Raya, seperti mengutip Antara, Rabu (1/5/2019).

Tidak hanya itu, ditambahkan Fairid, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) juga telah melakukan beberapa kajian sekaligus mengukur daya tampung di wilayah ini.

"Jadi apabila peepindahan ibu kota pemerintahan Republik Indonesia benar dilakukan di Palangka Raya, maka kami selaku pemerintah daerah sudah sangat siap," tandasnya. (rnl)


 

Artikel Terkait