Politik

Jokowi - Ma`ruf Amin Unggul di 57 Wilayah di Luar Negeri

Oleh : luska - Rabu, 08/05/2019 14:21 WIB

Joko Widodo gelar jumpa pers usai mendaftar di KPU masuk ajang Pilpres 2019.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Hingga Rabu (8/5/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah merampungkan rekapitulasi suara di 68 wilayah di luar negeri, dan hasilnya, pasangan calon Joko Widodo-Ma`ruf Amin unggul di 57 wilayah.

Perhitungan suara dari 57 wilayah diluar negeri yang berhasil dikantongi capres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma`ruf Amin yakni Melbourne, Los Angeles, Dubai, Yangon, Wina, lalu di Washington DC, New Delhi Manama, Kuwait City, Hanoi, Den Haag, Bogota, Bandar Seri Begawan, Taipei, Tokyo, Tashkent, Singapura, Seoul, Rabat, Pyong Yang, Tawau, Osaka, Houston, Hongkong, Penang, Frankfurt, dan Helsinki.

Selain itu suara banyak juga berhasil diraih dari wilayah Bukares, Romania, Praha, Windhoek, Cape Town, Kuching, Harare, Pnom Penh, Beirut, Suva, San Fransisco, Copenhagen, Vancouver, Moskow, Lima, Zagreb, Perth, Lisabon, Oslo, Kiev, Budapest, Quito, Vanimo, Sarajevo, Warsawa, Vientiane, Berlin, Ankara, Panama City, dan Paris.

Sedangkan di Tunis, Tunisia perolehan suara berimbang antara Jokowidodo dengan Prabowo Subianto yaitu mendapatkan 66 suara.

Hingga kini, rekapitulasi suara hasil pemilu di luar negeri yang diselenggarakan Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) masih dilakukan. Ada 130 wilayah yang akan direkapitulasi oleh PPLN.

KPU menargetkan merampungkan rekapitulasi hasil pemilu dari 20 TPS di luar negeri setiap harinya. Untuk mempercepat waktu rekapitulasi, KPU membaginya dalam dua panel yang masing-masing dipimpin oleh tiga Komisioner KPU. (Lka)

Artikel Terkait