Politik

KPU Selesaikan 129 Wilayah PPLN, Jokowi-Ma`ruf Amin Unggul

Oleh : luska - Jum'at, 10/05/2019 13:50 WIB

Sahabat Rakyat Indonesia menargetkan peraihan 65 persen suara di Gorontalo untuk pasangan Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2017. (foto: antnews)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan proses rekapitulasi Pemilu 2019 di luar negeri, dengan catatan sebanyak 129 wilayah PPLN sudah direkapitulasi dari total 130.

Hanya tinggal 1 wilayah yang belum direkap yaitu Kuala Lumpur, Malaysia, dikarenakan adanya pemungutan suara ulang dengan metode pos, akibat kasus temuan surat suara yang sudah tercoblos beberapa waktu lalu.

"Untuk rekapitulasi pembacaan dan juga pengesahan dari 130, kecuali Kuala Lumpur yang belum kita lakukan rekapitulasinya. Yang lain sudah kita lakukan ya ini makanya kita menunggu untuk itu dulu," ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Ditambahkan Evi, rekapitulasi suara Kuala Lumpur akan dilanjutkan pada tanggal 17 Mei mendatang selagi menunggu proses pemungutan suara ulang selesai dilaksanakan.

Untuk Sementara, dari 129 PPLN yang sudah direkapitulasi dengan daftar pemilih sekitar 1,4 juta orang, ada sekitar 700 ribu yang menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian, partisipasi pemilih luar negeri mencapai 49-50 persen.

Untuk perolehan suara pilpres dan pileg, lanjut Evi, akan diumumkan oleh KPU berbarengan dengan hasil suara Pemilu di dalam negeri pada tanggal 22 Mei mendatang.

Berdasarkan data rekapitulasi KPU, Pasangan Calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma`ruf Amin unggul telak atas Paslon Nomor Urur 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma`ruf unggul di 113 PPLN dan Prabowo-Sandi hanya unggul di 15 PPLN. Sementara di Kota Tunis, Tunisia, kedua paslon mendapat suara yang imbang.

Ke-15 PPLN yang dimenangkan Prabowo-Sandi adalah Karachi, Jeddah, Istanbul, Tripoli, Sana`a, Riyadh, Khartoum, Kairo, Islamabad, Doha, Damaskus, Dakar, Ankara, Amman, dan Abu Dhabi. Sedangkan PPLN lain dimenangkan Jokowi-Ma`ruf

Dari 113 PPLN, Jokowi-Ma`ruf meraih suara sebanyak 520.485. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 181.116 suara dari 15 PPLN. (Lka)

Artikel Terkait