Operasi Pasar di Sulawesi Barat Stabilkan Harga Bawang Putih di Wilayah Timur

Oleh : Tirto.p - Kamis, 16/05/2019 13:13 WIB

MAMUJU - Operasi pasar bawang putih yang dihelat Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan importir dan Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Kabupaten Mamuju dan Maneje ramai diserbu pembeli. Operasi pasar yang bertempat di Anjungan Pantai Manakara, Mamuju, dan Pasar Sentral Majene dimulai sejak pukul 07.30 WIT, Kamis (16/5).

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan, Moh. Ismail Wahab menyebutkan harga bawang putih yang sempat mencapai Rp. 60 ribu per kg menjadi alasan Kementerian Pertanian melaksanakan operasi pasar di Mamuju dan Majene. "Arahan bapak Menteri agar dijual Rp. 25 ribu, maksimal Rp 30 ribu. Dengan operasi pasar ini, kita mau mempercepat proses distribusi terutama ke wilayah yang harganya masih tinggi. Kalau di Jakarta dan Pulau Jawa-Sumatera sih harga sudah banyak turun. Operasi Pasar kita sukses,” ujar Ismail.

Di tempat yang sama, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulbar, Kombes Pol Wisnu Andayana menyampaikan apresiasinya akan inisiatif Kementan untuk membantu masyarakat Sulbar mendapatkan bawang putih murah. Wisnu juga berpesan agar bahan-bahan pokok lain tidak dijual dengan harga tinggi di pasar. “Dan apabila nekat menjual harga tinggi, mohon maaf Satgas Pangan akan bertindak. Jangan salahkan kami jika bertindak," tegas Wisnu.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, Tanawali meyakinkan harga bawang putih di Sulbar akan semakin turun dan normal kembali. “Kasihan masyarakat apalagi bulan puasa dan menjelang lebaran. Namun kami yakin setelah operasi pasar Kementan ini, harga akan kembali normal. Satgas Pangan juga komitmen untuk mengawal harga bawang ini,” jelas Tanawali.

Operasi pasar ini mendatangkan 10 ton bawang putih kemasan 20 Kg yang dialokasikan ke 2 Kabupaten, yaitu Mamuju dan Majene. Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya pemerintah untuk menurunkan harga bawang putih yang sempat melambung tinggi terutama di wilayah DKI Jakarta, Surabaya, Lampung, Jambi, Palembang, Kalimantan Timur, Manado, Bali, dan Medan.

Terbukti harga bawang putih di pasar Jakarta dan pulau Jawa-Sumatera saat ini sudah mulai berangsur normal. Berdasarkan data PD. Pasar Induk Kramat Jati, per hari ini Kamis (16/5), harga bawang putih Rp. 23 rb per kg. Dengan demikian harga di pasaran tradisonal wilayah Jakarta sudah normal.

 

Artikel Terkait