Politik

Akbar Tandjung Sebut People Power Tidak Relevan

Oleh : very - Minggu, 19/05/2019 21:01 WIB

Politisi senior Akbar seusai menghadiri acara Pidato Kebangkitan Nasional Milenial Melangkah Maju, di Jakarta, Minggu (19/5). (Foto: ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Politisi senior Akbar Tandjung menilai gerakan massa "people power" untuk menolak pemilihan umum tidak relevan dilakukan. Pasalnya, penolakan terhadap hasil Pemilu 2019 itu tidak pantas dilakukan terhadap sebuah lembaga yang telah diperintahkan oleh undang-undang.

"Apa relevansinya melakukan `people power`, kita kan negara yang menghormati konstitusi," kata Akbar Tandjung seusai menghadiri acara Pidato Kebangkitan Nasional Milenial Melangkah Maju, di Jakarta, Minggu (19/5).

Dia mengatakan sesuai UU Pemilu, KPU merupakan lembaga yang sah menyelenggarakan pemilu. Jika ada perbedaan pendapat mengenai hasil Pemilu maka dapat menempuh jalur konstitusional melalui pelaporan kepada Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi.

"Dengan menghormati konstitusi kita mampu meningkatkan kualitas demokrasi kita," ujar Akbar.

Terkait ajakan aksi massa pada 22 Mei 2019, saat pengumuman hasil Pemilu oleh KPU RI, Akbar Tandjung mengatakan aparat kepolisian dan TNI sudah menyatakan sikap untuk menjamin keamanan.

Dia mengajak seluruh pihak menghormati institusi Polri dan TNI dalam menjalankan tugas memastikan keamanan negara.

"Kita hormati kedua institusi ini. Dan kita tentu berharap aparat berlaku adil sesuai aturan kelembagaan masing-masing," pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait