Bisnis

Pertamina Jakarta Siap Bantu Pasok Kebutuhan BBM Selama Musim Mudik Lebaran

Oleh : Ronald - Jum'at, 31/05/2019 01:32 WIB

General Manager Marketing Operation Region III, Tengku Fernanda mengatakan saat arus mudik penyaluran BBM dari TBBM Jakarta Group akan meningkat 32% dari rata-rata penyaluran harian pada H-6 atau yang jatuh pada tanggal 30 Mei 2019.

Jakarta, INDONEWS.ID - Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tinggal beberapa hari lagi. Dalam tradisi masyarakat Indonesia, banyak warga yang akan melakukan agenda pulang ke kampung halamannya di moment lebaran ini.

Dalam arus mudik Lebaran 2019, sejumlah warga pendatang ibukota mulai bergerak ke kampung halamannya di beberapa daerah di Jawa hingga Sumatera.

Walau Jakarta perlahan mulai ditinggal pemudik, bukan berarti Terminal BBM Pertamina Jakarta Group mengurangi pasokannya.

Terminal BBM (TBBM) Jakarta yang terdiri dari TBBM Plumpang dan Priok yang memiliki kapasitas sebanyak 433.700 kilo liter ini, biasanya memasok kebutuhan BBM di Jabodetabek.

Ketika warga Jabodetabek mulai mudik, TBBM Jakarta justru memiliki peran penting dalam mendukung suplai pasokan pemudik saat diberlakukan sistem satu arah di tol Trans Jawa KM 70 hingga KM 267.

General Manager Marketing Operation Region III, Tengku Fernanda mengatakan saat arus mudik penyaluran BBM dari TBBM Jakarta Group akan meningkat 32% dari rata-rata penyaluran harian pada H-6 atau yang jatuh pada tanggal 30 Mei 2019.

"Peningkatan ini karena adanya aturan baru mengenai jalur satu arah di ruas tol Trans Jawa maka beberapa SPBU yang berada di Jawa Barat seperti Karawang, Bekasi dan sekitarnya, BBM-nya akan dipasok dari TBBM Jakarta Group yang sebelumnya dipasok dari TBBM Cikampek," kata Fernanda kepada rekan media pada Kamis, (30/5/2019).

Dikatakan Fernanda, TBBM Jakarta Group diperkuat dengan 268 unit mobil tanki. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menyediakan tambahan mobil tanki bantuan untuk operasional selama arus mudik di Tanjung Gerem, Merak sebanyak 5 unit dan TBBM Cikampek sebanyak 15 unit.

"Harapan kami, penyaluran BBM di jalur mudik, tetap bisa terlayani dengan baik karena di cover oleh TBBM Jakarta Group, artinya TBBM Jakarta akan berkoordinasi dengan TBBM lainnya demi pasok kebutuhan pemudik," tandas Fernanda. (rnl)

Artikel Terkait