Nasional

Jokowi Gelar Open House Lebaran di Istana Negara Besok

Oleh : very - Selasa, 04/06/2019 19:18 WIB

Presiden Joko Widodo memberi ucapan selamat Lebaran 1440 kepada seluruh masyarakat Indonesia. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar open house Idul Fitri 1440 H atau lebaran 2019 atau di hari pertama Lebaran di Istana Negara, Jakarta, besok. Masyarakat dipersilakan datang ke open house tersebut.

"Open house (di Istana Negara) dibuka untuk masyarakat jam 10.00 sampai 12.00 WIB, nah setelah itu tentu Pak Presiden ada acara berikutnya jadi mungkin paling lambat jam 12.00 WIB atau 12.30 WIB acara sudah selesai," ujar Kasetpres Heru Budi Hartono saat dihubungi wartawan, Selasa (4/6/2019).

Heru mengatakan, ada beberapa tahapan yang dilakukan panitia terkait open house tersebut. Pertama, masyarakat yang mau hadir di open house Jokowi diimbau datang ke Monas.

"Di sana (Monas) sterilisasi baru secara bertahap diangkut atau dibawa dengan kendaraan menuju Istana, kami sewa 10-15 bus ukuran 3/4 untuk hilir mudik peserta. Jadi nanti masuk di Sekneg, di Istana sudah steril," katanya.

Open house untuk masyarakat dibatasi hanya sampai pukul 12.30 WIB. Sementara jumlah masyarakat akan hendak hadir, kata Heru, tidak dibatasi.

"Kami tutup, kalau batasnya jam 12.30 WIB, mungkin kami tutup jam segitu. Ya kalau hitungannya tiga jam ya kurang lebih 3 ribuan masyarakat," ujarnya.

Heru mengatakan, panitia juga menyediakan tenda di kawasan Monas. Jadi, warga yang hendak ikut acara open house diharapkan tidak membawa barang berukuran besar. Hal itu untuk mempermudah proses sterilisasi.

"Kami sudah siapkan tenda ber-AC, diimbau tidak membawa barang-barang yang besar, tidak bawa ransel, ya cukup bawa tas kecil lah, kalau laki mah nggak usah bawa apa-apa, untuk mempermudah dan mempercepat sterilisasi," jelasnya.

Heru mengatakan, panitia juga menyiapkan sarapan pagi, jadi tidak perlu membawa makanan dan minuman ringan.

"Minuman dan makanan ringan kami siapkan, setelah salaman dengan Bapak Presiden disiapkan sarapan pagi, jadi kalau bisa bawa badan aja deh. Jadi makin cepat sterilisasi makin banyak yang bisa diterima oleh Presiden dan tentu pakaiannya yang rapi bersih, masyarakat pasti paham," ujarnya.

Selain itu, pihak Istana juga menyediakan hiburan buat masyarakat yang datang ke open house seperti boot foto.

"Lantas kalau mau keluar, mau pulang, di area parkiran Sekneg disiapkan booth atau backdroop kalau mau foto-foto, selfie. Nanti, juga sambil menunggu, di tenda tunggu, kami siapkan hiburan," pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait