Internasional

Pererat Silaturahmi KBRI Tunis Rayakan Idul Fitri 1440 H Gelar Halal Bihalal

Oleh : hendro - Kamis, 06/06/2019 09:20 WIB

Duta Besar RI untuk Tunisia Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti gelar halal bihalal di KBRI Tunisia

Tunis, INDONEWS.ID - Idul Fitri 1440 H seluruh masyarakat Indonesia serempak rayakan semarak Idul Fitri di Wisma Duta RI untuk Tunisia (5/6)kemarin.

Idul Fitri merupakan hari kemenangan, kesempatan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di dunia. Kesempatan untuk saling memaafkan satu sama lain, kesempatan untuk saling berbagi, dan menjalin hubungan yang baik antar sesama.

Masyarakat Indonesia di Tunisia bertemu sapa dan saling menebar kebaikan di hari kemenangan kali ini. Dengan serempak melaksanakan shalat sunnah Idul Fitri berjamaah di Wisma Duta RI membuat mereka menyadari bahwa mereka telah sma-sama melewati bulan suci Ramadhan, dan akan menghadapi bulan-bulan selanjutnya.

Semarak idul fitri telah diramaikan oleh seluruh masyarakat Indonesia sejak malam sebelum hari raya. Adanya kegiatan gema takbir yang terdapat penampilan-penampilan seni karya mahasiswa seperti marawis, tari saman, dan nasyid akapela mampu memecahkan meriahnya kegiatan idul fitri kali ini.

"Idul fitri kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, lebih ramai dan seru karena banyak kretifitas anak-anak dalam mengisi acara idul fotri kali ini."ucap Duta Besar RI untuk Tunisia Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti.

Shalat berjamaah yang diimami oleh saudara Ahya Jazuli yang merupakan mahasiswa pascsarjana Universitas Zaitunah, sehingga seluruh muslim Indonesia di Tunisia menikmati lantunan ayat demi ayat yang dibacakan oleh imam juga dengan khusyuk menyimak khutbah yang disampaikan oleh khatib kali ini yakni Ust. Ardi Pramana mahasiswa pasca sarjana Universitas Zaitunah Kegiatan ini meruapakan awal dari kegiatan Idul Fitri tiap tahunnya.

"Hendaklah kita seusai ramadhan ini meningkatkan diri dlm iman, ilmu, dan amal," tuturnya dalam khutbah shalat idul fitri.

Dilanjutkan dengan halal bihalal, saling memaafkan satu sama lain menjadi kegiatan rutin setelah sholat berjamaah. Seluruh masyarakat dengan khidmat mengikuti berbagai rentetan acara yang disediakan oleh segenap panitia.

Usai halal bihalal seluruh masyarakat Indonesia menyantap apa yang telah disediakan oleh pihak wisma, makanan khas Indonesia yang mampu mewakilkan rasa rindu akan makanan khas tanah air kala idul fitri.

"Walupun berbeda suasananya, namun KBRI punya kegiatan khusus untuk WNI, meskipun tidak semuanya persis seperti di indonesia tpi setidaknya mengobati rasa kerinduan kita masing-masing, contohnya di makanan. Dan dsini pula kami para masyarakat Indonesia seakan-akan layaknya sebuah keluarga,"ucap Fikri Haikal mahasiswa Indonesia 

Usai menyantap makanan khas Indonesia, seluruh masyarakat Indonesia disuguhi penampilan yang dibawakan oleh anggota Persatuan Pelajar Indonesia Tunisia(PPI Tunisia) diantaranya penampilan dari Majlis Shalawat PPI Tunisia, juga tim nasyid akapela PPI Tunisia.
"Dengan adanya acara ini buat kita inget lebaran di Indonesia, dengan menu makanannya khas Indonesia terutama,"tutur bu Eris salah satu WNI

Bukan hanya masyarakat Indonesia yang senang akan Idul Fitri di Tunisia, Duta besar Swiss beserta isteri ikut hadir dalam Idul Fitri kali ini, serta merespon dengan baik apa yang dilaksanakan.

"Saya terharu mengikuti rentetan acara idul fitri di Tunisia, lebaran pertama kali di Tunisia mengingatkan saya akan Indonesia. Semoga semua yang ditampilkan bisa dikembangkan lagi kedepannya,"jelas Ambar Thévoz Isteri dari Duta Besar Swiss

Kegiatan tersebut menjadi penutup perayaan Idul Fitri 1440 H di Tunisia, dan menjadi ajang jalin tali silaturahmi dan ukhuwah yang baik seluruh masyarakat Indonesia di Tunisia. (Penulis Ilma Silmi Nufus)

Artikel Terkait