Daerah

Gubernur DKI Larang Razia Terhadap Pendatang Baru di Jakarta

Oleh : very - Minggu, 09/06/2019 21:01 WIB

Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, INDONEWS.ID – DKI Jakarta bakal dipenuhi oleh arus pemudik Lebaran yang berpuncak pada kemarin (8/6) dan hari, Minggu (9/6). Jumlah pemudik yang masuk Jakarta diperkirakan mencapai 71 ribu orang.  

Biasanya, pada musim mudik sebelumnya, pemerintah Provinsi DKI Jakarta sibuk menggelar operasi justisi untuk mendata warga yang masuk ke Ibu Kota, Jakarta. Warga yang masuk dan ingin menetap di Jakarta harus memiliki surat-surat resmi. Jika tidak mereka bakal dipulangkan ke tempat asalnya masing-masing.

Namun, kali ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempunyai kebijakan yang lain. Anies menegaskan bahwa dia melarang aparat Dinas Kependudukan melakukan razia terhadap penduduk yang datang.

Anies memerintahkan aparatnya agar melayani seluruh warga dengan baik. “Era razia sudah tidak kita gunakan lagi, yang ada itu kita berikan layanan informasi sebanyak mungkin, “kata Anies di Jakarta, Jumat (7/6/2019).

Dia memperkirakan jumlah pendatang baru tersebut berdasar angka tahun lalu yang mencapai 69 ribu orang.

“Tahun lalu jumlah pemudik itu 5.865.000 kemudian arus baliknya 5.934.000, selisihnya 69 ribu. Tapi angka selisihnya itu dari tahun ke tahun tidak beda banyak. Kalau proyeksi kita kira-kira sekitar 71 ribu, dibandingkan tahun lalu 69 ribu,” kata Anies.

Meski demikian, bagi warga daerah yang ingin mencari rezeki di Jakarta tetap disarankan agar memiliki keahlian. Hal itu untuk mencegah agar tidak menjadi beban bagi warga lainnya. Apalagi, saat ini lapangan pekerjaan sudah banyak menyebar di daerah. “Dulu lapangan pekerjaan terkonsentrasi di Jakarta tapi kini sudah ada di banyak tempat,” ujarnya.

Sesuai data, ada sekitar 10 wilayah kecamatan yang menjadi sasaran pendatang baru yaitu Tanjung Priok, Cilincing, Cakung, Pembaringan, Pulogadung, Jatinegara, Kalideres, Cengkareng, Kebayoran Lama dan Senen.

Kesepuluh wilayah kecamatan tersebut adalah daerah kawasan industri berupa pabrik dan pergudangan juga menjadi daerah industri ruangan seperti konveksi dan lainnya. (Very)

Artikel Terkait