PDIP Rakernas IV, Bahas Evaluasi Pemilu Serentak 2019 dan Kongres V di Bali

Oleh : luska - Rabu, 19/06/2019 13:01 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, INDONEWS.ID - PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV, Rabu (19/6/2019). Dalam Rakernas IV ini akan membahas evaluasi pelaksanaan pemilu serentak 2019 hingga persiapan menuju gelaran Kongres V yang akan digelar pada Agustus 2019 mendatang.

Rakernas IV yang dilaksanakan di Gedung PDIP, Menteng, Jakarta Pusat ini dilaksnakan tertutup lantaran hanya membahas agenda internal partai saja.

"Mohon maaf kepada teman-teman pers, bahwa Rakernas IV lebih banyak membahas agenda internal partai, maka penyelenggaraan Rakernas ini bersifat tertutup," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Rabu (19/6/2019).

Hasto menjelaskan, Rakernas IV juga akan merumuskan seluruh tanggung jawab partai di dalam mewujudkan harapan rakyat yeng telah memercayakan PDI Perjuangan serta Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019.

"Kami tidak menanggapi kemenangan dengan euforia. Kami bersyukur, dipercaya kembali oleh rakyat. Kami bertanggung jawab untuk menggunakan besarnya dukungan rakyat di dalam membangun masa depan bangsa secara bersama-sama dengan cara gotong royong dengan seluruh komponen bangsa," kata Hasto

Dikesempatan berbeda, Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan Rakernas tersebut akan menjadi ajang evaluasi bagi PDIP, baik kepengurusan di tingkat pusat maupun daerah usai berakhirnya Pemilu 2019.

Dijelaskan Hugo, performa mesin partai di beberapa daerah dalam Pemilu 2019 terlihat kurang maksimal, meski PDIP telah diumumkan sebagai pemenang pemilu 2019.

"Nanti itu jabatan-jabatan di daerah yang menyangkut evaluasi pemilu, karena ada daerah yang kita enggak ada dapat kursi sama sekali seperti di Sumatra Barat ini kan treatment khusus harus dilakukan. Mereka harus membuat laporan," katanya.

Lebih lanjut, Hugo mengatakan dalam forum Rakernas IV juga akan disampaikan laporan evaluasi dari pengurus daerah PDIP seluruh Indonesia dan badan-badan partai setelah Pemilu 2019 usai.

Ia mengatakan PDIP akan mengawal penuh pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma`ruf Amin selama lima tahun ke depan. Agenda Rakernas, kata dia, sekaligus menyatukan kekuatan PDIP dari tingkat pusat hingga ke level daerah. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait