Pojok Istana

Jelang Pertemuan KTT ASEAN Dan G20, Jokowi Gelar Rapat Terbatas

Oleh : Ronald - Rabu, 19/06/2019 23:22 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah menteri di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/06/2019). Dalam ratas yang mengangkat topik

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) dengan sejumlah menteri di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/06/2019).

Dalam ratas yang mengangkat topik "Persiapan kunjungan kerja Presiden ke KTT ASEAN dan KTT G20", ada tiga isu utama yang dibahas oleh Presiden Jokowi.

"Kita harus melakukan persiapan sebaik-baiknya untuk merebut peluang yang ada terutama dalam rangka penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional kita," kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga megatakan ada tiga isu penting yang akan disampaikan Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 20-23 Juni 2019 mendatang.

Adapun tiga isu penting yang akan dibawa Indonesia dalam ajang KTT ASEAN itu diantaranya adalah ajakan bagi negara-negara ASEAN untuk bersatu dalam mengantisipasi perang dagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Sehingga stabilitas ekonomi negara Asean tetap terjaga. Oleh sebab itu penting sekali kita ajak negara-negara Asean untuk bersatu," kata Jokowi.

Kedua, lanjut Jokowi, yang berkaitan dengan combating marine debris, atau yang berkaitan dengan sampah laut, menjadi isu penting yang akan diangkat Indonesia.

"Ketiga yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Rakhine State, Myanmar. Itulah tiga hal yang akan kita sampaikan di KTT Asean nanti," tandas Jokowi. (rnl)
 

Artikel Terkait