Nasional

Seleksi Calon Sekjen, KPK Kantongi Tiga Nama

Oleh : Ronald - Rabu, 19/06/2019 23:57 WIB

Juru Bicara KPK Febri Diansyah

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah mendapatkan nama-nama tiga calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang lolos ke tahap seleksi wawancara. Sebelumnya, ketiga calon ini juga telah dinyatakan lolos pada tahap seleksi administrasi, kesehatan dan assessment kompetensi.

"Tiga orang ini disaring dari 200 orang pendaftar di Seleksi Gelombang III ini. Mereka adalah Cahya Hardianto Harefa, Hiskia dan Wawan Wardiana," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Rabu, (19/6/2019).
 
Febri juga mengatakan, untuk selanjutnya proses yang akan dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel) Sekjen KPK adalah mewancarai ketiga calon tersebut. Kemudian, hasil wawancara itu nantinya bakal dilanjutkan ke Presiden Joko Widodo. 

Selama tahapan seleksi awal, Febri mengungkapkan, Pansel telah memperhatikan pemenuhan persyaratan para calon dan juga rekam jejak mereka di bidangnya masing-masing. Meski demikian, KPK juga mempersilakan kepada masyarakat untuk memberi informasi tambahan terkait rekam jejak para calon tersebut.
 
"Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan pejabat yang akan menjalankan tugas sebagai Sekjen KPK dapat bekerja secara maksimal dalam memberikan dukungan utama terhadap kerja pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK," tandas Febri.
 
Sebagaimana diketahui, sejumlah posisi strategis di KPK hingga saat ini masih kosong dan dijabat pelaksana tugas, salah satunya Sekjen KPK. Posisi Sekjen KPK kosong sejak ditinggalkan Bimo Gunung Abdul Kadir pada 10 Maret 2018 lalu.
 
Sebelumnya, KPK telah memberhentikan dengan hormat Bimo dari posisi itu dengan alasan kinerja. Saat ini Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal KPK.
 
Tugas Sekjen KPK yakni menyiapkan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan administrasi, sumber daya, pelayanan umum, keamanan dan kenyamanan, hubungan masyarakat, dan pembelaan hukum kepada segenap unit organisasi KPK.

Berikut adalah 3 profil singkat dari calon Sekjen KPK
 
1. Cahya Hardianto Harefa
- Pekerjaan: Direktur Pengaduan Masyarakat KPK
- Pendidikan terakhir: S2 University of Western Sydney (1999)
 
2. Hiskia
- Pekerjaan: Inspektur LIPI
- Pendidikan terakhir: S2 Universitas of South Australia (2013)
 
3. Wawan Wardiana
- Pekerjaan: Direktur Litbang KPK
- Pendidikan terakhir: S3 Universitas Padjajaran, Ilmu Komunikasi

(rnl)

Artikel Terkait