Ikut Menduniakan Batik, DWP KBRI Brussel Fashion Show di Belgia

Oleh : hendro - Kamis, 20/06/2019 08:01 WIB

DWP KBRI Brussel menggelar acara ‘Asia Pacific International Bazaar and Fashion Show’

Brussel, INDONEWS.ID - Tepuk tangan meriah bersahutan untuk penampilan fashion show Indonesia yang dipersembahkan oleh DWP KBRI Brussel dalam acara ‘Asia Pacific International Bazaar and Fashion Show’ pada 18 Juni di Hotel Tangla, Brussel, Belgia.

Fashion show persembahan Indonesia tersebut mengangkat tema batik, untuk semakin menduniakan batik Indonesia ke kancah internasional. Di hadapan lebih dari 400 penonton, para wanita anggota DWP KBRI Brussel berlenggak lenggok di catwalk dengan batik kontemporer yang elegan dari perancang muda Shawlnco.

Melengkapi penampilan fashion show, Indonesia juga mempersembahkan Tari Gebyar Batik yang menjelaskan proses pembuatan batik dalam format tarian Jawa sebagai pembuka acara.

Menurut Sandra Thamrin, Ketua DWP KBRI Brussel, fashion show batik Indonesia ini dimaksudkan untuk lebih mempopulerkan batik Indonesia yang sudah menjadi salah satu warisan dunia (UNESCO’s Intangible Cultural Heritage of Humanity).

Selain itu, mengingat di Belgia di bulan Juni telah memasuki musim panas, batik Indonesia diharapkan dapat menjadi pilihan fashion trend dan inspirasi fashion di kalangan wanita dari berbagai negara yang ada di Belgia. 

Asia Pacific International Bazaar and Fashion Show diselenggarakan oleh Asia Pacific Women’s Association (APWA) setiap tahunnya. APWA beranggotakan 32 negara-negara Asia Pasifik ditambah Belgia sebagai anggota kehormatan. Tahun ini APWA diketuai oleh China.

Selain Indonesia, Fashion Show dan Bazaar tahun ini diikuti oleh 14 Negara, yakni Bangladesh, Brunei, China, Fiji, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Thailand, Nigeria (tamu), dan tentunya China sebagai Tuan Rumah acara. Kegiatan semacam ini menjadi medium yang efektif untuk meningkatkan saling pengertian, menghormati perbedaan dan toleransi antar bangsa khususnya negara di Asia Pasifik dan Eropa.

Selain berpartisipasi dalam fashion show, Indonesia juga berpartisipasi dalam kegiatan Bazaar dengan menyajikan handicraft khas Indonesia. Negara-negara Asia Pasifik lainnya juga memamerkan barang etnik dan produk seni dari negaranya masing-masing. 

Partisipasi DWP KBRI Brussels dalam acara ini juga dilakukan dalam rangka memeriahkan 70 tahun Hubungan RI-Belgia yang jatuh pada tahun ini.
 

Loading...

Artikel Terkait