Bamsoet: Capim KPK Diputuskan Sebelum Masa Jabatan DPR Berakhir

Oleh : indonews - Senin, 24/06/2019 13:30 WIB

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet). (Foto: Tempo.co)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) menegaskan, pihaknya segera melakukan seleksi dan memutuskan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK). Pihaknya memastikan bahwa pelaksanaan fit and propert test selesai pada bulan September.

Menurut Bamsoet, pihak DPR akan tetap melaksanakan proses sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Ia juga memastikan bahwa keputusan terakhir akan selesai diambil sebelum masa jabatan DPR sekarang berakhir.

"September dimulai dan kita ambil putusan sebelum kita berakhir," kata Bamsoet, di Jakarta, Senin,(24/06).

Untuk diketahui, masa jabatan DPR untuk periode 2014-2019 akan berakhir pada bulan September 2019. Proses seleksi dan penetapan pimpinan KPK, kata Bomsoet tidak akan diserahkan kepada anggota yang baru.

"Intinya penugasan untuk melakukan fit and proper test kita sudah deliver ke Komisi III. Periode lalu kan juga dilakukan anggota Komisi III di periode tersebut. Nah, pelantikannya akan dilakukan Desember oleh presiden," jelasnya.

Pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi telah dibuka sejak 17-4 Juli 2019. Adapun tim pansel yang sudah ditunjuk akan melakukan seleksi hingg menetapkan 10 orang calon.

Setelah itu, kesepuluh orang kandidat tersebut akan dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan melalui komisi III di DPR. Pihak DPR akan memilih 5 orang pimpinan KPK dan setelah itu akan dilantik pada Desember 2019. (Marsi)

Loading...

Artikel Terkait