Pojok Istana

Jokowi: Kami Adalah Presiden dan Wakil Presiden Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Oleh : very - Jum'at, 28/06/2019 14:30 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Wapres KH Ma`ruf Amin saat berpidato di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/6) malam. (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Mahkamah Konstitusi telah memberikan putusan terkait perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019. Dengan demikian, proses pesta demokrasi yang telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir telah usai. Presiden Joko Widodo, yang juga presiden terpilih, mengajak segenap komponen bangsa untuk kembali merajut persatuan dan memikirkan langkah-langkah ke depan untuk bersama memajukan Indonesia.

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara kita Indonesia, Tanah Air kita tercinta," ujarnya dalam pernyataan resmi terkait dengan hasil putusan tersebut di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis malam, 27 Juni 2019.

Dalam pernyataannya sebelum bertolak menuju Jepang untuk menghadiri KTT G20 tersebut, Kepala Negara menyatakan bahwa setelah ini tak ada lagi pengkotak-kotakan keyakinan dan dukungan terkait Pilpres 2019. Seluruh pihak diminta untuk tetap memberikan penghormatan satu sama lain meski memiliki pandangan politik yang berbeda.

"Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia. Walau pilihan politik berbeda tetapi kita harus saling menghargai. Walau pilihan politik berbeda kita harus saling menghormati," ucap Presiden.

Kepala Negara kemudian memastikan bahwa dirinya bersama dengan wakil presiden terpilih, Ma`ruf Amin, akan bekerja untuk seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

"Walau pilihan politik berbeda pada saat Pilpres, namun perlu kami sampaikan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh anak bangsa, bagi seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.

Jokowi juga mengapresiasi sikap negarawan yang ditunjukkan oleh Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam menyikapi putusan perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019. Kepala Negara menyebut bahwa keduanya memiliki visi yang sama demi kemajuan bangsa Indonesia.

"Saya meyakini kebesaran hati dan kenegarawanan dari sahabat baik saya, Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiaga Uno. Beliau berdua memiliki visi yang sama dalam membangun Indonesia ke depan, Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang lebih maju, dan Indonesia yang lebih adil dan sejahtera," ujarnya.

Tak hanya itu, Kepala Negara meyakini bahwa seluruh rakyat Indonesia, apapun pilihan mereka dalam Pilpres 2019 kemarin, memiliki semangat yang sama mengenai Indonesia yang maju. Kepala Negara berharap agar semangat tersebut tetap terpelihara agar terwujud Indonesia yang mampu bersanding dengan negara-negara besar di dunia.

"Saya yakin semangat kita sama, yaitu Indonesia yang bersatu untuk membangun Indonesia yang maju, yang mampu bersanding dengan negara-negara besar lainnya, membangun Indonesia yang menang menghadapi kompetisi global yang ketat, dan membangun Indonesia yang unggul, yang membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya. (Very)

Artikel Terkait