Nasional

Cuaca Buruk, Pencarian Darat Helikopter MI 17 Dilanjutkan Besok Pagi

Oleh : Ronald - Sabtu, 29/06/2019 22:31 WIB

Helikopter MI 17 milik TNI

Sentani, INDONEWS.ID - Aparat gabungan TNI dan Polri bersama dengan Tim Basarnas Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang dan juga masyarakat Papua yang tengah melakukan pencarian helikopter MI 17 milik TNI AD yang hilang kontak sejak Jumat (28/6/2019) sekitar pukul 11.49 WIT akan melanjutkan pencarian melalui jalur darat, Minggu (30/6/2019) esok pagi.

Disampaikan Wakapendam XVII Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (29/6/2019), pencarian yang dilakukan bersama-sama melalui jalur darat ini sudah kembali dari Kampung Buluanop menuju Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang karena kondisi cuaca di kampung itu sangat dingin.

"Kemudian cuaca juga memburuk sehingga tadi sore mereka sudah kembali ke Oksibil, tim yang di Kampung Oksob juga demikian, besok mereka kembali melanjutkan pencarian melalui jalur darat," katanya.

Sementara, sudah diketahui lokasi hilangnya helikopter MI 17 tersebut berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Dengan letak demografi bergunung-gunung dan berbukit-bukit, bahkan ada yang mencapai sampai 3.000 meter di atas permukaan laut.

"Jadi lokasi itu berada di ketinggian dan rata-rata masih hutan lebat, tentu kita berada pada posisi dimana kontak terakhir antara pilot dengan petugas menara," lanjutnya.

Sebelumnya, tim dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, bersama aparat TNI/Polri dan masyarakat setempat melakukan pencarian terhadap helikopter MI 17 milik TNI AD dikabarkan hilang kontak sejak Jumat (28/6) sekitar pukul 11.49 WIT.

Letkol Inf Dax Sianturi menjelaskan, tim darat yang melakukan pencarian untuk TNI/Polri sebanyak 60 orang ditambah dengan tim SAR, serta masyarakat dan elemen lainnya sekitar 100 orang.

"Tadi malam mereka sudah berada di Kampung Bulangkop, Distrik Okaom. Dari Bulanop ada yang menuju ke Distrik Oksob dimana diinformasikan bahwa masyarakat terakhir melihat helikopter hilang pada Jumat kemarin sekitar pukul 12.00 WIT," tandasnya.

 

Artikel Terkait