Daerah

Pawai Seni Dan Budaya Ramaikan Hari Jadi Bogor Ke-537

Oleh : Ronald - Minggu, 30/06/2019 09:37 WIB

Ketua Panitia HJB Ke-537, Achsin Prasetyo menuturkan, acara Helaran Seni Budaya dimulai di Balai Kota pukul 07.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan yang akan melewati jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dan berakhir di Bundaran Air Mancur.

Bogor, INDONEWS.ID - Kemeriahan Helaran Seni dan Budaya digelar untuk memperingati acara puncak Hari Jadi Bogor (HJB) ke-537 pada Minggu, (30/6/2019) pagi. 

Agenda rutin tahunan yang diadakan sebagai salah satu upaya pelestarian seni budaya, kali ini diikuti oleh sekitar 1.000 peserta dari 48 grup yang berasal dari instansi, sanggar dan juga komunitas termasuk dari kota dan kabupaten di Jawa Barat ikut pun turut berpartisipasi. 

Ketua Panitia HJB Ke-537, Achsin Prasetyo menuturkan, acara Helaran Seni Budaya dimulai di Balai Kota pukul 07.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan yang akan melewati jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dan berakhir di Bundaran Air Mancur.

 

“Untuk titik kumpulnya semua peserta di eks Gedung DPRD Kota Bogor kemudian menuju titik akhir di Air Mancur,” ungkapnya di Balai Kota Bogor, Minggu (30/6/2019). 

Sebagai pembuka acara, Achsin mengatakan penampilan tari-tarian akan membuka acara. Sementara untuk iring-iringan pawai akan diawali dengan penampilan Drum Band, kemudian diikuti Purna Paskibraka Indonesia (PPI), komunitas runners (pelari), iring-iringan pencak silat, sanggar Citra Budaya dan pasukan Baraya Kujang Pajajaran. 

Achsin mengungkapkan bahwa dari hasil evaluasi dan arahan yang diberikan oleh Wali Kota Bogor, untuk penyelenggaraan Helaran Seni Budaya ini harus mengedepankan kualitas bukan kuantitasnya.

“Jadi peserta kami batasi pesertanya agar rangkaiannya tidak terlalu panjang,” imbuhnya.

Oleh karenanya, disampaikan Achsin, jika tahun ini memang tidak diperkenankan untuk menggunakan mobil hias. 

"Akan tetapi masih ada iring-iringan kuda dan delman serta tari-tarian dari berbagai sanggar,"

Maka, selaku tuan rumah, dimana Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua DPRD Kota Bogor dan beberapa perwakilan pimpinan Muspida lainnya juga turut serta dalam iring-iringan ini dengan menunggangi kuda yang kemudian diikuti oleh para isterinya dengan menaiki delman.

"Tak ketinggalan kepala OPD, BUMD, pihak Bank dan karyawannya akan mengiringi dengan memakai pakaian adat nusantara," tandas Achsin. (rnl)

Artikel Terkait