Nasional

Wakapuspen TNI Buka Penataran Fotografer Jurnalistik

Oleh : luska - Senin, 01/07/2019 23:03 WIB

Wakapuspen TNI Buka Penataran Fotografer Jurnalistik.(puspen TNI)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Kepala Pusat Penerangan (Wakapuspen) TNI, Laksma TNI Tunggul Suropati,  mewakili Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi membuka secara resmi Penataran Fotografer Jurnalistik Tahun Anggaran 2019, yang diikuti oleh 20 peserta (AD, AL, AU), bertempat di Aula Balai Wartawan Puspen TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/7/2019).

Kapuspen TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Laksma TNI Tunggul Suropati menyampaikan bahwa dihadapkan dengan tuntutan tugas yang terus berkembang, Puspen TNI berkewajiban membina dan meningkatkan kualitas personel jajaran penerangan baik di pusat maupun daerah seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

Menurut Mayjen TNI Sisriadi, peserta penataran sangat memerlukan bekal pengetahuan tentang kamera foto sesuai perkembangan teknologi saat ini, baik pengetahuan teknik pengambilan gambar, maupun penggunaan berbagai jenis peralatan kamera foto untuk menghasilkan gambar-gambar yang berkualitas.

“Kepada para staf pengajar untuk dapat mentransfer ilmu dan pengalaman berharga yang dimiliki selama ini kepada para peserta penataran,” harapnya.

Selanjutnya dikatakan bahwa penataran fotografer jurnalistik yang dilaksanakan selama satu bulan penuh ini nantinya para peserta akan dididik dan dibina untuk menjadi seorang fotografer yang profesional. Menurutnya, karya fotografer yang berkualitas akan dapat mengungkap banyak berita meskipun tanpa kata-kata dan sebaliknya karya fotografer juga dapat mengurangi nilai suatu berita jika gambar yang ditampilkan miskin muatan dan tanpa makna.

“Pelaksanaan penataran fotografer jurnalistik yang dilakukan selama waktu satu bulan memang tidaklah cukup untuk membentuk seseorang menjadi fotografer yang profesional. Saya yakin dengan kerja keras, ketekunan dan kesungguhan hati para pengajar dan peserta penataran ini dapat menghasilkan para fotografer yang terampil dan siap pakai,” tuturnya.

Kapuspen TNI berharap kepada para peserta penataran fotografer jurnalistik dapat memperoleh ilmu tentang fotografer dan mampu melaksanakan tugas di satuan masing-masing, serta siap diterjunkan dalam berbagai penugasan. “Para peserta penataran ini dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat optimal dalam upaya meningkatkan kemampuan di bidang fotografer,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapuspen TNI menyampaikan ucapan terima kasih kepada mitra kerja Puspen TNI yang telah mendukung terlaksananya penataran fotografer jurnalistik tahun 2019. “Kepada mitra kerja yang mendukung terselenggaranya penataran ini, saya ucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya, semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia personel penerangan TNI,” ujarnya.(Lka)

Artikel Terkait