Daerah

Penjelasan Bupati Azwar Anas Setelah Terpilih Jadi Ketua Apkasi

Oleh : Marsi Edon - Kamis, 04/07/2019 13:35 WIB

Bupati Kabupaten Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (Foto: Liputan6.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan rencana program yang akan dilaksanakan setelah terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Se-Indonesia. Anas selaku Ketua Apkasi merencanakan program peningkatan kapastitas daerah, sumber daya manusia dan pelayanan publik serta kemajuan budaya.

Anas sendiri terpilih menjadi ketua pemerintahan seluruh Kabupaten dan Kota tersebut untuk periode antar waktu. Ia menggantikan ketua sebelumnya Mardani H Maming, yang sudah tidak lagi menjabat sebagai bupati.

"Kami bersama seluruh sahabat-sahabat bupati akan meneruskan program Pak Mardani Maming, dan memberi penekanan pada penguatan ekonomi daerah, pelayanan publik, SDM, serta pemajuan seni-budaya," kata Anas. Jakarta, Kamis,(4/07)

Ia menjelaskan, dalam konteks pengembangan pariwisata, mesti ada kerja sama antara pemerintah daerah dengan kementrian terkait. Kerja sama bertujuan melihat kesamaan program agar tujuan pengembangan sektor pariwisata benar-benar efektif.

Ia sendiri meliaht bahwa usaha pariwisata di daerah yang selama ini belum mencapai hasil yang maksimal. Karena itu, ke depannya, kata Anas, harus ada kolaborasi dengan Kementria Pariwisata agar mendapatkan nilai tambah bagi daerah.

Apkasi juga akan mendorong keselarasan program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pola seperti ini memiliki banyak manfaat, selain koordinasi lebih mudah, juga pencapaian terhadap sebuah program yang akan dilaksanakan.

"Misalnya, Presiden Jokowi memberi sinyal ke depan akan fokus di pembangunan sumberdaya manusia, nah itu kan butuh kaki di daerah, maka kabupaten harus meresponsnya dengan kebijakan penunjang. Jadi makin optimal dampaknya ke masyarakat," jelas Anas.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, pemda mesti lebih giat lagi mendorong kerja sama antar pemerintah daerah, baik antara pemda kabupaten maupun dengan pemerintah provinsi. Tujuannya yakni mempermudah proses koordinasi dan eksekusi sebuah program kerja.

"Jadi peningkatan SDM daerah juga menjadi fokus Apkasi, misalnya soal kolaborasi dengan pemerintah provinsi terkait pengelolaan SMA dan SMK, atau kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk kerek SDM anak-anak muda daerah," jelas.

Terpisah,Sekjen Apkasi Najmul Akhyar menjelaskan, Apkasi terus melakukan pendampingan terhadap UMKM-UMKM di daerah. Pendampingan ini bertujuan untuk memperluas pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Misalnya dengan Apkasi Otonomi Expo yang juga memamerkan beragam UMKM daerah. Kami juga terus membangun hubungan dagang dan bisnis dengan luar negeri. Sehingga potensi ekonomi daerah bisa dipasarkan ke dunia internasional. Dengan sendirinya itu menggerakkan ekonomi rakyat di daerah," tutupnya.*(Marsi Edon)

 

 

 

Artikel Terkait